Antisipasi Virus Covid-19, POS Medan Utamakan Tindakan Preventif

0
3371

PRIMENEWS-Medan : Berdasarkan informasi terkini terkait virus Corona (Covid-19) yang telah menyerang ribuan orang dan korban meninggal dunia juga sudah ribuan belum ditemukan obatnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut di berbagai tempat, Manajemen PrimeOne Scool (POS) Medan menerapkan beberapa pola dan cara untuk menghindari terjangkit virus mematikan ini.

“Cara menghindari agar kita tidak terpapar virus ini cukup mudah, yakni dengan menjaga pola hidup sehat dan menerapkan tindakan preventif ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’,” kata Direktur Akademik POS Medan, Dr. Fauziah Khairani Lubis.

Upaya preventif yang diterapkan di POS Medan, lanjut Fauziah antara lain mengingatkan peserta didik untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Antara lain, setelah memegang benda maupun makan dan minum diharuskan mencuci tangan dengan sabun antiseptik, menghindari memegang area wajah, mulut dan hidung apabila tangan belum dicuci.

“Kita juga menganjurkan peserta didik untuk menggunakan masker saat sakit batuk, pilek atau flu, mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi secara teratur, istirahat yang cukup dan meluangkan waktu untuk berolahraga,” tandasnya.

Tindakan preventif itu, kata Fauziah terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang paling penting. Kemudian, olahraga yang cukup, karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh, kalau daya tubuh kuat virus juga tidak bisa berkembang.

Untuk lebih menekankan tentang arti pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat, berikut ini himbauan yang disampaikan Manajemen POS Medan :

Dikarenakan wabah virus Covid-19 yang telah dikonfirmasi di Indonesia, kami hendak menginformasikan perubahan pada kebijakan kesehatan PrimeOne School merujuk pada saran-saran dari WHO sebagai berikut:

  1. Jika anda atau anak anda mengalami sakit kepala, demam, atau batuk terus menerus harap lakukan proses karantina pribadi dan dapatkanlah layanan kesehatan profesional.
  2. Semua karyawan, siswa, dan tamu harus melalui pengecekan temperatur secara rutin untuk dapat masuk ke area siswa.
  3. Kami akan menyediakan lebih banyak tempat untuk mencuci tangan untuk menjamin setiap orang dapat mencuci tangannya sebelum masuk ke lingkungan sekolah
  4. Hand Sanitizer akan disediakan di berbagai lokasi di sekolah agar siswa dapat dengan rutin membersihkan tangannya
  5. Kami mendorong setiap siswa untuk membawa hand sanitizer pribadi untuk menjaga kebersihan pribadi
  6. Peserta didik akan diberikan pengarahan mengenai etika ketika sedang batuk atau pilek seperti menghadap ke arah tanpa orang dan menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk
  7. Cara menyapa guru yang selama ini dilakukan (memberikan salam dan meletakannya di kening) akan diganti dengan gestur salam Namaste untuk meminimalisir kontak kulit
  8. Siswa akan dikumpulkan untuk diberikan pengarahan mengenai menghindari menyentuh mata, mulut, dan hidung
  9. Minuman kesehatan akan diberikan kepada siswa untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh
  10. Kami akan melakukan senam pagi secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here