Hindari Tempat Ini saat Bepergian ke China

0
152
Ilustrasi penelitian virus (yahoo)

PRIMENEWS-Jakarta : Pemerintah Indonesia meminta kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan bepergian ke luar negeri khususnya ke China, agar mewaspadai penularan virus Korona antar manusia.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantoro mengatakan, hingga kini belum ada vaksin yang dapat mencegah pneumonia berat yang disebabkan coronavirus jenis baru yang menyebar di Wunan, China.

Karena itu, ia meminta WNI tetap waspada saat bepergian ke China meskipun sudah mendapat vaksin PCV yang beredar di Indonesia. Ia juga meminta masyarakat memperhatikan pengumuman dari otoritas kesehatan China, tidak mengunjungi pasar hewan, dan apabila terpaksa ke pasar hewan agar memakai alat pelindung.

Anung Sugihantoro menambahkan, ada tiga vaksin pneumonia yang beredar di Indonesia. Ketiganya adalah Vaksin Pneumokokus (PCV) 10 dengan merek dagang Synflorix, PCV 10 (merek dagang Pneumosil), dan PCV 13 (merek dagang Prevnar).

Dari ketiga vaksin tersebut, kata Anung, belum ada yang dapat mencegah pneumonia misterius yang disebabkan coronavirus jenis baru yang menyebar di China.

“Karena teman-teman sebagian sudah menanyakan ke saya. Pak kan sudah ada vaksin, boleh tidak kita vaksin dulu? Tapi vaksinnya itu tidak cocok, jadi stereotype tidak cocok dengan novel coronavirus (nCoV). Saya menuliskan tidak untuk mencegah novel coronavirus,” jelas Anung Sugihantoro di kantor Kemenkes, Jakarta, mengutip dari voaindonesia.com.

Pemerintah dalam hal ini tidak akan tinggal diam, sejumlah langkah telah dilakukan untuk mencegah novel coronavirus masuk ke Indonesia. Di antaranya meningkatkan kewaspadaan di bandara-bandara di seluruh Indonesia, terutama yang mempunyai penerbangan dari China dan menerbitkan edaran ke seluruh dinas kesehatan, serta rumah sakit.

Di samping itu, Kemenkes juga akan melakukan simulasi kesiapan yang akan melibatkan lintas sektor untuk mengantisipasi jika penyakit ini masuk ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here