Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Investasi dan Pengembangan SDM dengan Singapura

0
138

PRIMENEWS-Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah selesai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Dalam kesempatan itu, kedua belah pihak turut serta membahas kerja sama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM)

“Kita juga membahas kerjasama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia. Singapura adalah negara sumber investasi terbesar di Indonesia sejak 2014, dan saya sangat menghargai komitmen Singapura untuk terus melanjutkan kerjasama investasi, termasuk proyek infrastruktur di Indonesia,” kata Jokowi usai pertemuan.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan, Indonesia dan Singapura juga telah menandatangani perjanjian Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B) atau tax treaty. Lalu, kedua negara juga meneken kerja sama penegakkan hukum kepabeanan antara Ditjen Bea Cukai Kemenkeu dengan Singapore Police Coast Guard.

“Saya sangat puas dengan kemajuan kerja sama kita,” imbuhnya.

Jokowi melanjutkan, kerja sama Indonesia dengan Singapura di bidang pendidikan akan mendorong kolaborasi antar kedua negara. Kemudian, ada pula kerja sama pelatihan bagi pengajar atau dosen politeknik. Lalu, implementasi rising fellowship programme berupa pelatihan sejumlah kepala daerah Indonesia.

Jokowi menambahkan, Indonesia-Singapura juga telah menyepakati perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia (BI) dengan Monetary Authority of Singapore (MAS), serta penguatan pelatihan industri 4.0.

“Yang keempat, kerja sama pendidikan dan research and development antara univesitas kedua negara,” tuturnya.

Jokowi menuturkan, Indonesia dan Singapura adalah negara tetangga yang memiliki hubungan baik dan saling menguntungkan. Oleh sebab itu, Kepala Negara berkomitmen untuk terus memperkuat kerjasama dengan Singapura.

Sebelumnya, Jokowi menerima kunjungan Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Bogor. Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam penyambutan kenegaraan ini. Sedangkan Presiden Halimah ditemani Bapak Negara Mohamed Abdullah Alhabshee.

Kedatangan Halimah dan Bapak Negara Singapura disambut secara formal oleh Presiden Jokowi. Setelah itu, keduanya berkeliling Istana Bogor dan melakukan pertemuan bilateral.

Di ruang pertemuan bilateral, sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju sudah menunggu. Mereka antara lain Menlu Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menkeu Sri Mulyani.

Hadir pula Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Selain itu, turut hadir delegasi dari Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here