Oktober 18, 2024
Latih Humas

PRIMENWS | MEDAN – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni melatih tim humas agar meningkatkan kapasitas kehumasan dan publikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui diskusi dengan pemilik platform yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Hal itu disampaikannya dalam Seminar Peningkatan Kapasitas Kehumasan dan Publikasi di Lingkungan Pemprov Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Sumut, Senin (14/10/2024).

Peserta yang mengikuti seminar merupakan tim humas yang terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) dan Biro Umum Setdaprov Sumut. Fatoni mengatakan dengan peningkatan kapasitas dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya membangun citra Sumut yang baik.

“Tugas kita menyampaikan pesan positif ke masyarakat, bahwa pemerintah itu sudah berbuat, agar bisa dipahami, agar bisa sampai ke masyarakat, menyebarluaskan hal-hal yang positif tentang Sumut,” ucapnya.

Fatoni mengatakan pertemuan peningkatakan kapasitas kehumasan seperti ini sangat penting, sebagai wujud komitmen bersama dalam menyatukan persepsi, meningkatkan ilmu, meningkatkan pekerjaan. Menurutnya, apapun yang dilakukan harus dengan ilmu agar mencapai hasil yang baik.

“Karena apapun yang kita lakukan, harus dengan ilmu. Tak bisa dikerjakan ala kadarnya,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus menyampaikan, peningkatan kapasitas kehumasan dan publikasi melalui diskusi bersama tersebut membahas tentang bagaimana humas menyusun strategi publikasi yang merupakan salah satu aspek fundamental dalam kegiatan humas. Tentunya dari berbagai platform digital yang tersedia.

Humas, katanya, harus mampu mengintegrasikan sebuah konten baik dalam bentuk video, artikel, dan media sosial untuk membangun citra yang kuat dan efektif. Dari diskusi tersebut, konten yang ditampilkan di platform media sosial milik pemerintah diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan media sosial saat ini.

“Ada disebutkan tadi bahwa ciri-ciri konten yang bagus yakni mendidik, menghibur, membujuk, mengisahkan cerita, shareworthy, dan searchable,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam diskusi ini juga mrmbahas mengenai pengelolaan akun media sosial. Diketahui bahwa saat ini masing-masing dinas juga telah mempunyai media sosial, di antaranya Diskominfo Sumut mempunyai platform akun media sosial InfoSumutku, begitupula dengan Biro Adpim yang juga mempunyai media sosial di bidangnya.

“Semoga acara seminar peningkatan kapasitas kehumasan dan publikasi ini bermanfaat buat tim humas, menambah ilmu, dan membangun citra yang baik buat Provinsi Sumut,” ucapnya.

Turut hadir Kepal Biro Umum Setdaprov Sumut Dedi Jaminsyah Putra, jajaran pejabat Dinas Kominfo, Biro Adpim dan Biro Umum Setdaprov Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *