Asuransi Astra Peduli ‘Kelestarian’ Bumi

0
50

PRIMENEWS | JAKARTA – Bumi mengalami banyak perubahan yang menyebabkan terjadinya fenomena global sehingga perlu dilindungi. Asuransi Astra melanjutkan rangkaian aspirasi kegiatan Estafet Peduli Bumi (EPB) di DKI Jakarta, tepatnya Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jumat (14/10/2022).

Menurut Director Asuransi Astra, Hendry Yoga, da 3 kegiatan utama yang dicanangkan di Jakarta yakni pengelolaan sampah yang berkolaborasi dengan Bank Sampah, penanaman 2.000 bibit pohon Mangrove, dan penyaluran beasiswa untuk mendukung pendidikan vokasi Indonesia.

“Asuransi Astra menyerahkan sejumlah bantuan seperti gerobak sampah, laptop, dan printer kepada Bank Sampah sebagai bentuk kolaborasi mendukung operasional pengumpul sampah dalam meningkatkan pengelolaan sampah masyarakat khususnya sampah plastik. Pengelolaan sampah ini bukan hanya semata-mata mengurangi kapasitas sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) namun juga untuk menghindari pencemaran sampah pada lingkungan hingga sungai wilayah Jakarta,” paparnya.

Masih dalam aksi sosial EPB, kata Hendry Yoga untuk membantu mengurangi dampak dari ancaman besar pada perubahan iklim seperti abrasi dan banjir rob, Asuransi Astra melakukan penanaman 2.000 pohon Mangrove di Kawasan Elang Laut. Penanaman Mangrove ini menjadi salah satu solusi menahan potensi yang merugikan akibat fenomena alam dan membantu mengurangi laju gelombang air laut.

Berdasarkan data Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta, pada periode 2023-2026 akan terjadi perubahan iklim yang mendorong peningkatan permukaan air laut dan mengancam daratan pesisir Jakarta.

Dalam merawat Bumi, kata Hendry penting pula mensejahterakan aspek kehidupan di dalamnya. Asuransi Astra beraksi memajukan insan-insan penggerak bangsa agar dapat berkembang dalam kemitraan global, melakukan kunjungan ke SMK 1 Citra Adhi Pratama dengan menyalurkan beasiswa kepada sejumlah murid yang tidak hanya berprestasi namun juga memiliki kemampuan baik dalam bidangnya.

“Tidak hanya itu penyerahan bantuan komputer dan laptop juga dilakukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Asuransi Astra juga mendukung literasi keuangan dengan memberikan pemahaman manajemen keuangan kepada siswa dan guru. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelas dan melibatkan secara langsung jajaran manajemen Head Office hingga cabang Asuransi Astra sebagai pembawa materi,” tandasnya.

Kegiatan ini juga didukung Kepala Konservasi, Sumberdaya Hutan dan Daerah Aliran Sungai Provinsi DKI Jakarta, Arie Fajar Septa, S.Hut, M.Si.

“Kawasan Mangrove ini memiliki peran penting secara ekologi dan ekonomi untuk meningkatkan keseimbangan Hutan Kota Jakarta,” papar Arie Fajar Septa.

Rangkaian Estafet Peduli Bumi telah dilakukan di 2 kota dan akan berlanjut di 5 kota lainnya. Program-program berkelanjutan ini dicanangkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek demi pembangunan berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here