Bersama Petani Paluta, Ali Jamil Harahap Panen Perdana Kelapa Sawit Hasil Program PSR

0
50

PRIMENEWS | PALUTA-Kunjungan kerja ke Padang Lawas Utara, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Ir Ali Jamil Harahap mengikuti beberapa agenda kegiatan, dimulai dari Desa Batang Pane 1, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2022).

Kedatangan Ali Jamil Harahap didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir Lies Handayani Siregar dan beberapa pimpinan OPD Pemprov Sumatera Utara, Kepala Balai Besar P2TP Medan Agus Hartono,SP, M.Sc, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan dan sejumlah pejabat Pemprov Sumatera Utara lainnya.

Kedatangan Ali Jamil Harahap bersama rombongan disambut Bupati Paluta Andar Amin Harahap dan Sekda Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Anggota DPRD Paluta Mula Rotua Siregar serta didampingi Kepala Dinas Pertanian Paluta Mahran Hasibuan SP dan sejumlah pimpinan OPD/SKPD Kabupaten Paluta.

Agenda kunker Dirjen Kementan RI tersebut, untuk menyerahkan bantuan Presiden RI Joko Widodo kepada kelompok-kelompok tani Paluta sebesar Rp 845.200.000 (delapan ratus empat puluh lima juta dua ratus ribu) secara simbolis.

Dirjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian RI Ir Ali Jamil Harahap menyerahkan bantuan secara simbolis Kepada Bupati Paluta Andar Amin Harahap dan Anggota DPRD Paluta Mula Rotua Siregar. Kemudian, menyerahkan piagam penghargaan penyuluh pertanian teladan dan piagam penghargaan kelembagaan pertanian terbaik Desa Batang Pane 1 serta panen perdana di kebun kelapa sawit rakyat hasil program Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Batang Pane 1.

Dalam sambutannya, Ali Jamil Harahap menyampaikan, bahwa kedatangannya ke Kabupaten Paluta untuk mewakili Menteri Pertanian RI menyerahkan bantuan dari Presiden RI Joko Widodo. Terkait dengan Program PSR, Dirjen berpesan agar target PSR di Paluta tahun ini dikejar dan harus melampaui target luasan.

“Pada momen ini saya juga sekaligus bisa melepas rindu kekampung halaman Paluta, kampung saya di Desa Padang Bujur Kecamatan Padangbolak Julu. Pesan saya kepada kelompok tani yang mendapat bantuan, khususnya alsintan agar mempergunakannya dan merawatnya dengan baik,” paparnya.

Ali Jamil juga berharap, agar petani di Paluta bergabung dengan kelompok-kelompok tani di desa masing-masing atau membentuk sebuah kelompok tani.

“Karena yang bisa mendapat bantuan itu hanya atas nama kelompok tani, pemerintah tidak bisa menyerahkan atau memberikan bantuan kepada petani perseorangan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kehadiran Dirjen Ir Ali Jamil Harahap di Paluta untuk menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani.

“Saya berharap agar kelompok tani bisa memanfaatkan bantuan ini dan juga menjaganya dengan baik. Saya juga berharap agar terus mendukung petani di Paluta melalui berbagai program yang ada di Kementerian Pertanian,” kata Andar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Paluta Mahran Hasibuan SP menyampaikan, dana bantuan sebesar Rp. 845.200.000 tersebut diserahkan kepada Kelompok Tani berbentuk barang, yang kegunaannya untuk sarana pertanian dan pembangunan prasarana pertanian.

“Yakni, berupa pengadaan beberapa alat mesin pertanian (Alsintan) termasuk traktor, dana untuk rehabilitasi 3 unit jaringan irigasi tersier dan dana untuk pembangunan 3 unit jalan usaha tani serta 1 unit pengolahan pupuk organik,”kata Mahran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here