Ingin Dapat Syafa’at Rasulullah SAW, Perbanyaklah Membaca Shalawat

0
255

PRIMENEWS | MEDAN – KH. Akhmad Khambali selaku Pengasuh Majlis Sholawat AHLUL KIROM mengungkapkan keutamaan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, setiap kali bacaan shalawat atas Nabi Muhammad SAW, akan dibalas dengan 10 kali lipat shalawat dan dihapus 10 kesalahan serta diberikan 10 pahala.

Kyai Khambali kemudian mengutip Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari yang artinya, “Barangsiapa membaca Shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali shalawat dan menggugurkan sepuluh dosanya serta mengangkat sepuluh derajat untuknya.”

Pengurus Harian Badan Penanggulangan Ekstrimisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini menjelaskan, memperbanyak Shalawat atas Nabi Muhammad SAW, sangat dianjurkan meskipun dalam waktu yang singkat yaitu membaca Allahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Terlebih-lebih, ungkap Kyai Khambali, jika membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW dilakukan hari Selasa mau pun malam Rabu. Ia mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Baihaqy melalui Anas radiyallahu anhu yang artinya, ”Banyak-banyaklah kalian bershalawat untukku pada hari Selasa dan malam harinya. Barangsiapa yang mengerjakan hal tersebut, aku akan menjadi saksi dan pemberi syafaat baginya di hari kiamat.”

Kyai Khambali yang juga Ketua Umum Gema Santri Nusa sekaligus Sekretaris Forum Kyai Muda NU Sumut kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan kata-kata syahidan dalam hadis tersebut yang artinya Rasulullah SAW akan menjadi saksi. Menurut Kyai Khambali, pada hari kiamat, Rasulullah SAW akan menjadi saksi bagi orang-orang yang membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Selain menjadi saksi, dalam hadist tersebut disebutkan Rasulullah SAW akan menjadi syafi’an bagi orang yang membaca shalawat. “Artinya, Rasulullah SAW akan memberi syafaat (pertolongan) kepada orang yang membaca shalawat kelak di hari kiamat. Dengan pertolongan Rasulullah SAW tersebut, akan selamatlah dia dan dimasukkan ke dalam surga berkat syafaat Rasulullah SAW,” ungkap Kyai Khambali.

Pembacaan Maulid Diba’i tadi Malam Khusus di Washilahkan buat Kedamaian, Kesejukan, Keikhlasan para pengambil Keputusan dalam Muktamar NU di Lampung Nanti, Sebab NU sebagai Perekat NKRI, NU sebagai Teladan bagi Keberagaman Beragama dan Pengawal NKRI ujar Kyai Khambali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here