Kementan Bersama Djarot Serahkan Alsintan Kepada Gapoktan Sergai

0
147

PRIMENEWS | SERGAI– Melalui program Aspirasi Djarot Saiful Hidayat, delapan kelompok tani dari berbagai kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan), Kamis (11/8).

Penyerahan dilakukan usai pembukaan kegiatan bimbingan teknis Didampingi Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Dirjen Prasarana dan Sarana Gloria Ginting, anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu menyerahkan langsung delapan alsintan tersebut di Lims Hotel, Tebing Tinggi.

Darma menuturkan pemberian alat ini sangat dibutuhkan untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Djarot atas bantuan yang memang dinanti-nantikan masyarakat khususnya petani,” ucapnya.

Alsintan yang diberikan terdiri dari tiga jenis yakni satu unit traktor roda empat diberikan kepada Poktan Maju Bersama (Serbajadi) , 3 unit traktor roda dua diberikan kepada Tani Sepakat (Teluk Mengkudu), Sri Rahayu (Teluk Mengkudu), dan Kerjasama (Serbajadi. Sementara 4 unit lainnya yakni mesin pompa air 4 inchi yang dibagikan kepada Poktan Tunas Harapan II (Sei Bamban), Pardamean (Sei Bamban), Bangkit Jaya (Tebing Tinggi), dan Tunas Baru (Tebing Tinggi).

“Kami harap alat-alat ini bisa dijaga dengan baik agar awet dan bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama,” harapnya.

Bukan sekedar membagikan, Djarot juga memastikan alsintan yang diberikan melalui Ditjen PSP Kementan ini layak digunakan.

“Pengecekan ini saya lakukan langsung dan tanyakan kepada penerimanya apakah sesuai speknya atau tidak. Jika tidak, mereka boleh kembalikan. Kenapa begitu? Saya mau bantuan yang diberikan lewat Aspirasi Djarot ini harus benar-benar dapat digunakan untuk mendukung kerja para petani,” sebutnya.

Ia menilai Sergai punya potensi lahan yang harus didukung. Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini ingin bantuan tepat sasaran dan tepat guna.

Bantuan ini juga tak terlepas dari kiprah Bupati Darma Wijaya yang memang memperhatikan sektor pertanian. Salah satunya program cetak sawah baru.

“Pak Bupati ini orangnya terjun langsung ke lapangan. Luar biasa. Berbaur dengan masyarakat dan mengetahui keluh kesah mereka langsung. Makanya kami ingin bantuan ini tepat sasaran dan bisa bertahan lama supaya sejahtera” pungkasnya lagi.

Usai penyerahan alsintan, Bupati bersama Djarot melakukan panen raya di Desa Sei Bamban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here