Lockdown Semakin Meluas, Bursa Eropa Kandas

0
122

PRIMENEWS : Bursa Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (16/3/2020) seiring dengan diberlakukannya penutupan terhadap sejumlah usaha dan perbatasan demi mencegah penyebaran virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa anjlok 5,1 persen. Sektor perjalanan dan pariwisata (travel and leisure) terkoreksi hingga 10 persen. FTSE 100 Inggris turun 4 persen, DAX Jerman kandas 5,3 persen, CAC Prancis terjungkal 5,75 persen, FTSE MIB Italia terkoreksi 6,1 persen, IBEX Spanyol turun 8,3 persen.

Pada hari Minggu, Spanyol dan Prancis mengikuti jejak Italia memberlakukan lockdown. Pemerintah Spanyol menetapkan lockdown sebagian untuk 47 juta warganya untuk mencegah wabah virus corona menyebar.

Spanyol menetapkan status darurat untuk 15 hari ke depan. Semua warga Spanyol diminta untuk tetap di rumah kecuali untuk membeli makanan, obat-obatan, bekerja, ke rumah sakit, atau keperluan darurat.

Prancis akan menutup toko-toko, restoran, dan tempat-tempat hiburan sejak Minggu (15/3/2020), untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebanyak 67 juta warga Prancis juga diminta untuk tinggal di rumah. Perdana Menteri Edouard Philippe mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki pilihan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here