Nawal Lubis Resmikan Pondok TPQ Al-Mumtahanah Langkat

0
56

PRIMENEWS | LANGKAT – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi gagasan membangun Pondok Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al Mumtahanah. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk dukungan terbaik terhadap generasi penerus untuk mempelajari ilmu agama.

“Ini dukungan terbaik bagi generasi penerus untuk mempelajari ilmu agama, serta menunjukan kepedulian umat untuk mewariskan dan menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan bagi generasi mendatang. Semoga ada kemudahan dan menjadi amal jariah bagi bapak/ibu,” kata Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis saat meresmikan Pondok TPQ Al Mumtahanah di Dusun III, Bandar Muda, Desa Tanjung Lenggang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Rabu (12/1).

Nawal juga menyampaikan, pentingnya membentuk karakter anak sejak usia belia, salah satunya dengan mengajarkan membaca Alquran. Sehingga generasi mendatang juga memiliki kemampuan membaca, memahami dan mencinta Alquran, serta mendoakan orang tuanya jika menghadap Sang Khalik.

Kepada para orang tua murid, Nawal juga menyampaikan, bahwa sekarang ini peredaran dan penyalahgunaan narkoba sudah sangat meresahkan, tidak saja di perkotaan tetapi telah menyebar hingga kepelosok desa. Karena itu, para orang tua diharapkan dapat menjaga anak dan keluarganya, agar tidak terjerumus dalam kasus narkoba.

“Kita berharap kehadiran TPQ ini bisa membentengi anak-anak kita untuk tidak melakukan perbuatan yang merugikan dirinya dan orang lain,” ujar Nawal.

Sementara Pimpinan Pondok TPQ Al Mumtahanah Dedi Ahmad Yani mengatakan, ide pembangunan timbul setelah melihat anak-anak desa usia dini yang bermain tidak tentu arah, sehingga untuk mengisi kekosongan timbul niat mendekatkan mereka dengan Alquran dan agama.

“Saya merasa terpanggil untuk berbuat, berkat dukungan masyarakat dan keluarga hari ini telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan TPQ oleh Ibu Gubernur bersama Ibu Bupati Langkat,” katanya.

Sebelumnya, kata Dedi Ahmad Yani, selama ini proses pembelajaran menggunakan tempat tinggal pribadi, namun saat ini sudah tidak memadai lagi untuk anak-anak berkumpul. “Setahun sudah kita melakukan bimbingan baca tulis Alquran di rumah dengan fasilitas seadanya,” katanya.

Menurut Dedi, lahan seluas 2.400 meter persegi tersebut sejak 2018 sudah ada. Lahan tersebut dibeli rencananya akan dibangun tiga ruang kelas dan fasilitas pendukung lainnya. Saat ini TPQ Al Mumtahanah memiliki 55 peserta didik dan dibantu tiga orang staf pengajar. Selain itu TPQ ini juga tidak menetapkan iuran, hanya seiklasnya dari orang tua murid yang diperuntukan untuk pembelian alat tulis dan keperluan lainnya.

Dedi pun mengapresiasi kehadiran Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan rombongan. Hal ini menjadi motivasi bagi pihaknya dan masyarakat untuk berbauat yang lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi atas kepedulian Ibu Gubernur (Nawal Lubis) yang mau datang ke desa kami, terima kasih Bu Gubernur, doa kami warga Desa Tanjung Lenggang, semoga Bapak dan Ibu tetap dalam lindungan Allah SWT,” ungkapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Langkat Tiorita Terbit Rencana Perangin-Angin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprovsu Rita Tavip Megawati, Camat Bahorok Robby Deritawan Sitepu, dan Kepala Desa Tanjung Lenggang Ahmad Tahir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here