Ongky Darmawan, Lulusan POS Medan Yang Berkarir Di Australia

0
135

PRIMENEWS | Medan – Ongky Darmawan, lulusan sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) PrimeOne School Medan tahun ajaran 2013/2014 kini berkarir di luar negeri, tepatnya di Australia. Begitu lulus dari POS Medan, Ongky Darmawan melanjutkan pendidikan ke University of Technology Sydney jurusan Bachelor of Information Technology in Internetworking Project.

Putra pasangan Seng Sin dan Ana Lim ini sekarang berkarir di bidang E-scooter company (Walksmart), E-commerce di Australia.

“Saya bekerja di Walksmart Australia (electric scooter company) sebagai General Manager. Usaha e-mobility dalam 10 tahun ke depan akan berkembang pesat dan saya yakin dengan adanya moda transportasi ini, kehidupan sehari hari akan lebih mudah dan cepat,” kata Ongky Darmawan.

Di awal tahun 2020, kata Ongky sejak Covid-19 mulai meluas dan masyarakat dihimbau untuk menerapkan ‘social distancing‘ dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Di saat itulah ketakutan masyarakat untuk keluar menggunakan transportasi umum semakin berkurang.

Electric scooter menjadi pilihan untuk terhindar dari kontak langsung dengan orang lain. Usaha lain saya adalah e-commerce. Di era digital dan bisnis, e-commerce akan semakin maju pesat dan menggantikan bisnis tradisional. E-commerce yang saya dalami adalah business home solutions. Saya menggunakan ilmu IT saya untuk melakukan bisnis dengan menggunakan internet. Banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan di internet dan tersedia banyak tools gratis yang bisa kita gunakan, dan ini adalah peluang,” tandasnya.

Menurut Ongky Darmawan, ia mulai tertarik dengan dunia bisnis saat masih duduk di bangku SMP. Mengikuti dan mendalami usaha orang tua membuat mental entrepreneurship saya terbuka dalam usia dini.

Ongky Darmawan

“Saya juga belajar banyak hal di PrimeOne School yang bahkan saya tidak bisa saya bayangkan akan membantu saya saat memasuki pendidikan ke perguruan tinggi. Saya sangat mendalami pelajaran entrepreneurship saat di PrimeOne school,” katanya.

Ongky Darmawan juga mengakui pada saat belajar di POS Medan ia banyak belajar bagaimana menjadi seorang decision maker, memiliki keahlian leadership dan membangun mental yang kuat.

“Mental saya dilatih saat saya di PrimeOne School. Saya merasa tidak canggung saat berbicara di depan umum. Saya berterima kasih sekali kepada semua bapak/ibu guru di PrimeOne School,” paparnya.

Ongky Darmawan memiliki cita-cita yang sangat mulia, ingin berbagi sebisa mungkin.

“Saya ingin membagi ilmu saya dalam dunia IT maupun bisnis dan menjadi inspirasi orang-orang untuk maju dan sukses. Dengan usaha saya yang sekarang, saya berharap bisa membuka lapangan pekerjaan yang banyak dan menolong orang yang lebih banyak juga,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa sejak kecil ia dididik oleh kedua orang tuanya untuk belajar mandiri dan harus pintar dalam menjalani hidup. Ongky ingin menjadi entrepreneur dan bisa membuat orang tua bangga.

“Saya sangat suka mencoba hal-hal baru dan mencari hal yang sedang dibutuhkan orang dalam mempermudah aktivitas kehidupannya sehari-hari. Saya berharap usaha saya bisa berkembang dan luas. Semoga usaha saya dapat berdampak positif kepada orang banyak,” tegasnya.

Berikut ini adalah kata-kata motivasi dari Ongky Darmawan :’Stop wasting your time on Social Media just to impress others’ instead ‘use the free resources in the Internet to self-development and seek an opportunity for your better future’.

Ia juga mengingatkan generasi muda agar membangun portfolio dan membangun koneksi yang luas.

“Saya menggunakan LinkedIn untuk profile bisnis saya dan untuk mengetahui potensi bisnis yang menjanjikan. Saya berharap saya bisa mengembangkan usaha yang dapat memberikan dampak positif kepada banyak orang,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here