Pemko PSP Serahkan Bantuan Bibit dan Pupuk Kepada Kelompok Tani

0
566

PRIMENEWS | Padangsidimpuan : Pemerintah Kota Padangsidimpuan menyerahkan bantuan 10 ton bibit bawang merah (Allium cepa) varietas Bima Brebes, 30 ton pupuk organik, 31,5 ton pupuk NPK, 120 bungkus bibit cabe varietas hibrida, mulsa plastik 250 gulung, kepada kelompok tani, Kamis (19/11/2020).

Bantuan bibit diserahkan langsung oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH di dampangi Kasi. Sayur & Tanaman Obat Adri Nasution, Kadis Pertanian Padangsidimpuan Parhimpunan Siregar bersama camat Padangsidimpuan Batunadua, Camat Padangsidimpuan Angola Julu dan Camat Padangsidimpuan Tenggara kepada 19 kelompok tani di Balai Pembibitan Tanaman Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Desa Ujung Gurap.

Kepala Dinas Tanaman Pangan & Holtikoltura Provsu melalui Kasi. Sayur & Tanaman Obat, Adri Nasution menyampaikan untuk Sumut kita mengalokasikan bibit cabai merah utk lahan seluas 157 Ha dan bawang merah seluas 220 Ha yang tersebar di 20 Kabupaten/kota.

Sampai saat ini Sumut membutuhkan 46 Ton bawang perbulan, yang tersahuti baru 41 %, tentu jika kita serius mau menutupi bawang merah, masih kurang sekitar 59 % dari 46 ton/bulan, ungkapnya.

Wako Irsan pada sambutannya mengatakan bahwa, bantuan ini untuk mendukung petani memproduksi bawang merah dan cabe menghadapi ketersediaan bahan pangan di masa Covid -19 sekarang ini.

“Bantuan bibit ini untuk meningkatkan penghasilan petani di masa pendemi Covid-19 ini. Dan untuk membantu pemerintah membutuhi ketersediaan bawang di Sumatera Utara dan Kota Padangsidimpuan khususnya,” katanya.

Dijelaskan Wako Irsan, dari seluruh kebutuhan bawang merah kota Padangsidimpuan di tahun 2006-2007 masih di suplai dari luar daerah. Tetapi setelah dilakukan pengemembangan dari tahun 2008-2009 sampai tahun ini mudah – mudahan sudah bisa memproduksi sekitar 20 persen untuk kebutuhan di Padangsidimpuanā€.

Irsan berharap para petani ini bersungguh-sungguh bertani sehingga bisa menghasilkan panen yang memuaskan.

“Saya akan pantau terus perkembangnya, sehingga menghasilkan panen yang baik,” tandas Irsan.

Wako Irsan juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas bantuan yang telah disalurkan kepada kelompok tani di Kota Padangsidimpuan.

Sementara itu ketua kelompok tani desa Mompang Ardiansyah, usai menerima bantuan bibit bawang merah mengatakan ; kami berkomitmen untuk memaksimalkan bantuan bibit ini, sebagai ketua kelompok tani kami juga harus bisa menjadi motor penggerak di desa masing – masing dengan dibantu oleh penyuluh pertanian.

Program yang kami laksanakan berikutnya adalah dengan membangun pembibitan bawang merah yang ke depan harapannya adalah agar mudah memperoleh bibit bawang merah. Untuk desa mompang Kec. Padangsidimpuan batunadua sendiri.

“Insyaallah kita akan melaksanakan panen perdana pada pembibitan bawang merah di tanggal 25 november ini,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here