September 14, 2024

PRIMENEWS | MEDAN – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Tyas Fatoni mengajak organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk bersinergi dengan TP PKK Sumut dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam menjalankan program-programnya, terutama mengenai pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga. Hal itu disampaikannya saat menerima audiensi pengurus Bundo Kanduang Sumut di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41 Medan, Sumut, Jumat (9/8/2024).

“Pemerintah tentunya tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dan sinergi dari masyarakat seperti organisasi, sebagai organisasi bisa mengambil peran dimana saja,” kata Tyas.

Menurutnya, Ormas Bundo Kanduang sudah memiliki banyak anggota dan tersebar di beberapa daerah di Sumut. Hal tersebut merupakan suatu kelebihan dan menjadi modal untuk berbuat lebih banyak di tengah masyarakat.

“Banyak yang bisa kita lakukan, apalagi kepengurusan Bundo Kanduang sudah ada di 12 Kabupaten/Kota. Itu bagus sekali, artinya banyak sekali yang bisa kita kerjakan, jadi ayo kita kerja bareng-bareng,” ujar Tyas.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian Tyas, salah satunya mengenai hak anak seperti identitas anak hingga melindungi anak dari NAPZA. Selain hak anak, bahasa daerah juga menjadi perhatian Tyas.

“Bahasa daerah ini juga perlu menjadi perhatian, jangan sampai bahasa daerah yang ada di Indonesia hilang di generasi berikutnya, inilah peran kita untuk mencegah hal tersebut,” kata Tyas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bundo Kanduang Sumut Helina mengatakan, pihaknya siap bersama-sama Pemprov Sumut maupun TP PKK Sumut, untuk mendukung program-programnya. Bundo Kanduang memang selama ini bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga.

Adapun berbagai program Bundo Kanduang Sumut yang telah berjalan mulai dari pelatihan, pemberian bantuan pada masyarakat hingga penyuluhan bahaya narkoba.

“Kita siap bersinergi, apalagi program-program kita juga sudah sejalan dengan TP PKK Sumut maupun Pemprov Sumut,” kata Helina.

Turut mendampingi Pj Ketua TP PKK Sumut, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Dian Arief Trinugroho dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Sumut Sri Suriani Purnamawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *