Juni 20, 2024

PRIMENEWS | MEDAN-Gubernur Sumatera (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Kabiro Kesra H. R. Lubis meresmikan Pesantren Tahfiz Rutan Kelas II. B Tanjung Pura, Senin (17/4). Warga Binaan Rutan (WBR) semangat mengikuti program Menghafal Alqur’an.

Terdapat sekitar 570 WBR Tanjung Pura yang beragama Islam sedangkan non-Islam sekitar 30 orang. Saat ditanya Edy Rahmayadi terkait kesiapan mengikuti Pesantren Tahfiz, WBR yang hadir pada peresmian ini dengan semangat menjawab bersedia.

“Ini sudah tepat, apalagi Rutan di sini lebih 90% muslim, jalan yang kalian pilih sudah tepat, bersedia kan kalian ikut (program tahfiz)?” serentak WBR menjawab ‘bersedia Pak,’

Namun, Edy Rahmayadi juga mengingatkan agar WBR bukan hanya menghafal, tetapi juga memahami makna Alqur’an. Menurutnya WBR punya banyak waktu untuk melakukan itu dan ampuh untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Sebagai warga binaan tentu kalian semua kegiatannya sudah terjadwal, tetapi kalian juga punya banyak waktu untuk memahami Alqur’an, belajar lebih banyak tentang kita suci kita, ini pekerjaan yang mulia,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, salah satu WBR kelas II.B Tanjung Pura yang tidak mau identitasnya dipublikasi mengatakan antuasias untuk mengikuti Pesantren Tahfiz Rutan. Selain berpahala, langkah ini menurutnya juga akan menjauhkan dari kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat.

“Semangat mau ikut, kami warga binaan perlu mendekatkan diri ke Allah, karena kami sudah banyak dosa, ini salah satu jalan kami tobat, mudah-mudahan berhasil,” ungkapnya.

Selain Pesantren Tahfiz, pada kesempatan ini Edy Rahmayadi juga meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas. Program ini bertujuan untuk memberdayakan WBR baik di bidang pendidikan dan non-formal.

Hadir pada peresmian ini Kanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi dan Kadiv Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut diantaranya Kabiro Kesra dan jajaran pejabat Kemenkumham Sumut serta Rutan Kelas II.B Tanjung Pura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *