Setiap Hari Senin, Pemkab Sergai Rutin Gelar Apel Pagi

0
22

PRIMENEWS | SEI RAMPAH – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), kembali melaksanakan apel pagi gabungan yang merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap hari Senin. Kali ini yang mendapat tugas memimpin apel pagi, Senin, (26/2022) adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Membuka sambutannya saat memimpin apel, Bupati sergai H Darma Wijaya melalui Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si menyampaikan bahwa informasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembangunan daerah. diseminasi atau distribusi informasi yang baik perihal proses kerja dan hasil pembangunan daerah, dapat menimbulkan citra positif sekaligus menghimpunan dukungan dari masyarakat luas, ujarnya dihadapan seluruh peserta yang hadir antara lain, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat Administrator serta ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemkab Sergai.

informasi juga sudah termasuk kebutuhan pokok setiap orang, baik untuk pengembangan pribadi, maupun lingkungan sosialnya. itulah sebabnya, memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia. terlebih lagi, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Lebih lanjut disampaikan Akmal, pola hubungan pemerintah dengan masyarakat sudah berubah. kini masyarakat mengharapkan hubungan yang transparan serta interaktif dua arah. transparansi pemerintahan diperkuat dengan adanya undang-undang no. 14/ 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang mendorong setiap badan publik dalam menyediakan informasi yang cepat, tepat waktu, biaya ringan, dan dengan cara yang sederhana. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bertujuan untuk mewujudkan good governance. dalam mewujudkan good governance, perlu adanya transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat.

“Alhamdullilah, baru-baru ini Kabupaten Sergai menerima penghargaan prestisius sebagai “Badan Publik Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi Sumut. ini merupakan kali kedua secara berturut-turut, implementasi KIP di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat mendapat penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Provinsi sumut. Penghargaan ini menjadi penting karena dasar yang dipakai oleh Komisi Informasi provinsi sumut merupakan hasil visitasi atau monitoring dan evaluasi terhadap enam indikator keterbukaan informasi badan publik yakni sarana dan prasarana, kualitas informasi, jenis informasi, komitmen organisasi, inovasi dan strategi, serta digitalisasi,” kata Akmal.

Akhir-akhir ini, lanjutnya lagi, Kabupaten Sergai juga dalam keadaan berduka pasca bencana banjir yang menerjang beberapa kecamatan. belasan ribu warga kita terdampak dan sementara harus tinggal di lokasi pengungsian. Pemkab Sergai sudah, sedang, dan terus akan memastikan diri hadir di tengah-tengah warga yang menjadi korban. Salah satunya dengan rutin meninjau lokasi pengungsian untuk memastikan kebutuhan dasar warga seperti logistik, kesehatan, air bersih, dan sebagainya, bisa tercukupi.

Terakhir, Bupati juga menyampaikan selamat merayakan hari Natal tahun 2022 bagi umat Kristiani. Kemudian Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Sergai agar menyambut pergantian tahun dengan tidak berlebih-lebihan. “ Akan lebih baik jika kita merayakan kedatangan tahun 2023 dengan kontemplasi dan introspeksi sambil merakit berbagai resolusi yang akan kita capai sebagai pribadi yang lebih baik lagi di tahun baru,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here