STIE-STMIK IBBI Buka Jalur Beasiswa “KIP” Bagi Lulusan SMA Sederajat

0
44

PRIMENEWS | Medan – Kabar gembira bagi lulusan SMA sederajat tahun yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan tinggi (perguruan tinggi). Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini banyak warga masyarakat Indonesia, termasuk di Sumatera Utara yang terkena dampaknya. Ada yang di PHK, usahanya bangkrut atau dirumahkan sementara karena tidak ada aktivitas.

Menyikapi hal ini, pemerintah membuat beberapa program yang bisa memudahkan putra-putri Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Salah satu program yang ditawarkan oleh pemerintah lewat perguruan tinggi adalah jalur beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI menjadi salah satu mitra pemerintah dalam mendukung program KIP Kuliah.

Seperti disampaikan Ketua Pengurus Yayasan IBBI, Dr. Lili Suryati,SE, MM, program beasiswa KIP Kuliah ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA sederajat angkatan tahun 2019 dan 2020 yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang baik.

“Persyaratannya memiliki Kartu Indonesia Pintar atau dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), atau memegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Segera mendaftarkan diri di kip-kuliah.kemdikbud.go.id,” kata Lili Suryati.

Selanjutnya, isi data dan upload semua persyaratan dan memilih STIE IBBI atau STMIK IBBI sebagai pilihan kampusnya, setelah itu akan diadakan seleksi tertulis dan wawancara. Apabila dinyatakan lolos maka akan daftar ulang sebagai penerima KIP Kuliah dan yang tidak lolos menjadi peserta KIP Kuliah bisa mendaftar ulang melalui jalur reguler.

“Apabila dinyatakan lolos mendapat program beasiswa KIP Kuliah, peserta tidak terlibat atau terindikasi mengikuti kegiatan atau organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Satu hal lagi, peserta penerima beasiswa sanggup tidak menikah selama menerima program beasiswa KIP Kuliah,” tandasnya.

Selain pilihan beasiswa KIP Kuliah, kata Lili Suryati STIE IBBI dan STMIK IBBI masih memiliki program beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi di sekolahnya. Beasiswanya adalah pengurangan uang kuliah sebesar 25 persen plus 25 persen bagi yang mendaftar pada tanggal 1 sampai 31 Agustus 2020.

“Karena kita harus mematuhi protokol kesehatan, pendaftaran mahasiswa baru bagi lulusan SMA sederajat ke STIE IBBI dan STMIK IBBI cukup mendaftar lewat jalur online di https://bit.ly/DaftarOnlineIBBI,” papar Lili Suryati.

Lebih lanjut Lili Suryati menyampaikan bahwa Program Studi di STIE IBBI dan STMIK IBBI sudah terakreditasi BAN PT dan pilihan waktu kuliah ada dua pilihan. Yaitu kelas pagi dan kelas sore/malam.

“Sampai hari ini, lulusan kita sudah tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia dan bekerja di berbagai bidang usaha termasuk menjadi Aparatur Sipil Negara dan menjadi dosen,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here