Walikota PSP Buka Acara Diseminasi Hasil Penelitian

0
559

PRIMENEWS | Padangsidimpuan : Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution membuka acara diseminasi hasil-hasil penelitian kerjasama Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Balitbangda) dengan perguruan tinggi IPTS, UMTS, IAIN, dan UGN di Aula BKPSDM, Komplek Perkantoran Palopat Pijorkoling, Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (21/10/2020) kemarin.

Laporan Ketua Panitia Diseminasi Hasil Penelitian Guswan Arisandi menyebut tujuan memperoleh masukan yang produktif terhadap hasil-hasil pengembangan yang dilaksanakan agar dapat disempurnakan hasilnya.

Selanjutnya, tersosialisasikan atau terpublikasi hasil-hasil penelitian dalam merumuskan kebijakan pembangunan oleh instansi terkait dan stake holder terkait lainnya. Peserta diseminasi diikuti OPD, Perguruan tinggi swasta, dan peneliti.

Sementara itu, Kepala Baplitbangda Padangsidimpuan M Jusar Nasution berharap OPD bisa menangkap gagasan yang lahir dari tim peneliti untuk menjadi bagian dari kebijakan-kebijakan dalam menjalankan program-program kita di tahun-tahun kedepa.

Kita harus memahami RPJMD, memahami Renstra dan diharapkan diperencanaan tahun 2022, kita bisa masuk menjadi bagian dari kebijakan umum anggaran, agar kita bisa mengerucut kepada RKPD.

“Bapak ibu dari perguruan tinggi, kami sangat berharap akan berkembang wilayah penelitian yang membantu pak Walikota dan kami semua untuk merumuskan kebijakan baru yang pro terhadap peningkatan mutu kehidupan”, harapnya.

“Misalkan meneliti Jln. Thamrin, bagaimana supaya kami bisa lakukan dengan smooth tanpa ada orang yang keberatan, orang merasa terbantu, untuk kebersihan jl. Thamrin itu, itu adalah persoalan klasik mulai dari periode pertama walikota sampai hari ini,” jelasnya.

Beliau juga menuturkan hambatan yang dialami Baplitbangda ialah dari sudut ketersediaan anggaran di Kota, berimbas kepada kemampuan anggaran di Baplitbangda untuk masuk ke riset penelitian.

“Oleh karena itu dengan berkenannya bapak-ibu bermitra dengan kami, dengan pola kemitraan, tidak berbasis biaya, kami haturkan banyak terima kasih,” tuturnya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution sebagai keynote speech dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan acara ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban publik kepada para stakeholder tentang apa yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi melalui Baplitbangda dalam upaya mendorong dunia kepenelitian untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyebarluasan hasil-hasil yang telah dilaksanakan yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat, katanya.

“Oleh karenanya lembaga penelitian di Kota Padangsidimpuan perlu didorong untuk terus berupaya mengedepankan hasil-hasil penelitian, kajian dan telaahan strategis dalam rangka menghasilkan rekomendasi kebijakan secara berkualitas dan aplikatif”, ujarnya.

Wako Irsan Efendi juga mengucapkan terima kasih kepada para peneliti yang telah memberikan kontribusi positif dalam mendorong pembangunan di Kota Padangsidimpuan.

Untuk diketahui bersama berikut judul penelitian perguruan tinggi yang akan diseminasikan

  1. Pengolahan Getah Salak menjadi bahan
    pengenyal alami oleh Muharram Fajrin Harahap S.Pi, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Tahun 2020
  2. Persepsi masyarakat terhadap kebersihan kota
    yang indah teratur dan nyaman dalam
    meningkatkan pembangunan di kota
    Padangsidimpuan Oleh Dra. Nursiah Hasibuan, MAP dari Universitas Graha Nusantara (UGN) Tahun 2020
  3. Upaya penanganan kekerasan pada anak
    (studi kasus kantor P2TP2A wilayah Tabagsel)
    Oleh Muhammad Syukri Pulungan, M.A
    dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tahun 2020
  4. Analisis Mutu Air Minum Isi Ulang di Kota
    Padangsidimpuan berdasarkan persyaratan
    mikrobiologi Oleh Rizky Amelia Dona Siregar, M.Si
    dari Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Tahun 2020.

Acara ditandai dengan penyerahan Sertifikat dan Cindera mata kepada Peneliti, Walikota menerima buku karya dari peneliti Muhammad Syukri Pulungan berjudul “Kekerasan Pada Anak Kajian Teoritis dan Empiris”.

Hadir Kepala Dewan Riset Daerah Kota Padangsidimpuan Darmadi Erwin Harahap Kepala Baplitbangda, Ketua dewan pendidikan kota Padangsidimpuan Ngelem Ginting, Peneliti, Perguruan Tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here