Juni 20, 2024

PRIMENEWS | PADANGSIDIMPUAN-Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM, mengatakan bahwa permintaan pasar akan ikan air tawar di Kota Padang Sidempuan masih cukup tinggi. Pelaku budidaya ikan diminta agar memperhatikan kesinambungan panen dan ketersediaan di pasar selalu terjaga.

Pembudidaya ikan biasanya memiliki beberapa kolam. Jika siklus budi daya ikan dilakukan serentak maka panen juga dilakukan berbarengan, yang malah bisa mengakibatkan pasar menjadi jenuh.

Oleh sebab itu, orang nomor satu di Kota Padang Sidempuan ini mengingatkan pembudidaya agar memperhatikan siklusnya, supaya waktu panen tidak berbarengan.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah tingginya harga pakan ikan. Pembudidaya hendaknya bisa mencari pakan alternatif, supaya dapat berhemat dari sisi biaya.

Pemko Padangsidimpuan selalu mendukung masyarakat di Kota Padang Sidempuan yang serius ingin membudidayakan ikan. Salah satu bentuk dukungan seperti memberi bantuan bibit ikan, induk ikan hingga pakan ikan kepada sejumlah warga atau kelompok tani tersebut.

“Saya harap kesinambungan pembudidayaan ini tetap dijaga”, ungkapnya saat melaksanakan panen bibit ikan lele di Kelurahan Sihitang Kec. padang Sidempuan Tenggara, Jum’at (27/1).

Menurutnya dengan dijaganya kesinambungan budidaya dan pembibitan ikan ini nantinya dapat menyumbang tertekannya laju inflasi daerah di Kota Padang Sidempuan.

Sebelumnya Ali Amri Pakpahan (Ketua Kelompok Tani Bersama Kita Jaya) menjelaskan bahwa bibit ikan lele yang di panen ini berjumlah sekitar 30.000 ekor yang akan langsung ditabur untuk pembesaran di kolam-kolam tersebut.

“Induk ikan lele ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan yang bersumber dari P-APBD Kota Padang Sidempuan Tahun 2022”, ungkapnya.

Diwaktu yang sama Lurah Sihitang mengucapkan selamat datang kepada bapak Walikota Padang Sidempuan beserta rombongan di kelurahan Sihitang Kec. Padang Sidempuan Tenggara.

“Terimakasih telah meluangkan waktu untuk memenuhi undangan kami masyarakat Kelurahan Sihitang,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan panen bibit ikan lele tersebut Kadis Pertanian Edi Darwan Harahap, kadis Ketapang Chairunnisa Daulay, Kadis PMD Ismail Fahmi Siregar, Kadis Perdagangan Ridhoan Pasaribu, Sekretaris Kominfo Ira Kartika Pulungan, Kabag Perekonomian Daulat Parlaungan, Kabag Protokol Aditya Syahputera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *