Juni 23, 2024

PRIMENEWS | GUNUNG TUA – PADA tahun 2013, salah seorang putra terbaik Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), H Hamsiruddin Siregar, merasa terpanggil jiwanya dan terinsirasi oleh filosopi kampung halaman, “Manjappal tu Balian, Mangalingei tu Bagasan”.

Makna filosofi itu adalah berkarier di tanah rantau, dan memberikan manfaat ke kampung halaman. Hamsiruddin juga terilhami oleh ajakan populer seorang mantan Gubernur Sumatera Utara, mendiang Raja Inal Siregar, ‘Marsipature Huta Na Be (Martabe).

Kearifan lokal itu telah memacu semangat para perantau Paluta untuk berlomba-lomba membangun kampung halamannya.
Seiring dengan perkembangan sebuah wilayah termasuk Paluta, tanah kelahiran H Hamsiruddin Siregar, pria yang akrab disapa Hamsir ini di kemudian hari sukses menjadi seorang pengusaha properti di tanah rantau Ibukota, mulai melebarkan sayap sampai ke kampung halamannya di Gunung Tua Paluta dengan bendera PT RCM (Rico Cipta Mandiri). Ia membangun perumahan yang diminati dan laris manis di Paluta.

Pada Februari 2016, Hamsir kembali membuat terobosan baru di tanah kelahirannya, yaitu membangun kawasan wisata air berupa Water Boom tepatnya di Gunung Tua. Hamsir berpendapat, masyarakat di kawasan Tabagsel sangat haus akan hiburan. Dengan terobosan yang dibuat PT RCM dengan mengoperasikan Water Boom tersebut ternyata antusiasme masyarakat sangat senang menerima kehadiran terobosan tersebut.

Mengingat kehadiran Water Boom itu untuk kemajuan dan mengikuti perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat bermain dan liburan bagi keluarga, pemerintah daerah pun memberikan support penuh atas apa yang dilakukan RCM, apalagi sang investor adalah putra daerah sendiri.

Menurut penuturan orang-orang di sekitar lingkaran H Hamsiruddin Siregar, pria ini dikenal sangat dermawan dan rendah hati serta tidak pernah surut dan mundur membangun kampung halamannya, Paluta.

Saat berada di kampung halamannya sendiri, Hamsir Siregar berbaur dengan masyarakat serta pengunjung yang memenuhi Water Boom Gunung Tua. Contohnya, pada Minggu (27/8/2023) silam, RCM Group menyuguhkan acara ‘RCM Bersenandung’ yang memuaskan para pengunjung Water Boom Gunung Tua. Manajemen RCM yang mengelola tempat wisata favorit di Paluta dan sekitarnya itu mendatangkan vokalis dari Jakarta, Dafrin Daulay yang tampil trio dengan penyanyi RCM, Jambang Harahap dan bintang tamu Ade Putra Harahap.

Pemilik lagu Gadis Paluta itu membuat lagu yang dibawakan bervariasi, mulai dari andung Batak, Pulungan ni Ubat dan Sulangan Mangan, disusul lagu Tapsel dan dangdut riang yang menggoyang pengunjung.
CEO RCM Group, Hamsir Siregar sangat bersukacita bisa melihat masyarakat di kampung halamannya tersenyum gembira dan berjoget ria bersama diiringi lagu riang gembira.

Cita-cita Hamsir Siregar untuk membangun kampung halamannya secara bertahap ia wujudkan, seperti tema yang diusung dalam “RCM Bersenandung“ di Water Boom hari itu, yakni “Manjappal tu Balian Mangalingei tu Bagasan” yang artinya adalah mencari uang dan bekerja di kota lain dan membawa hasilnya untuk membangun kampung halaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *