Conan Gionovan, Lulusan POS Medan Dapat Penghargaan Di Jepang

0
29

PRIMENEWS | MEDAN – Conan Gionovan, putra pasangan Djoko Soedewo dan Ardinna Hasan menerima penghargaan dari pemerintah Jepang. Conan Gionovan adalah alumni PrimeOne School 2019. Ia mendapat beasiswa dari Pemerintah Jepang dan baru-baru ini mendapatkan juara II perlombaan Essay Writing Competition yang diikuti peserta dari seluruh wilayah Jepang.

Seperti disampaikan Kepala Sekolah SMA POS Medan Rika Susanto, BA, Conan mendapatkan hadiah tunai dan penghargaan masuk koran Jepang dengan judul Apa yang harus dilakukan pendatang baru untuk bisa survive di Jepang.

Conan Gionovan menuturkan tema kompetisi ini adalah bagaimana membuat orang asing yang tinggal di Jepang merasa lebih aman.

“Jadi, saya menulis tentang pengalaman saya pertama kali datang ke Jepang dan juga membandingkan Jepang dengan Indonesia karena Indonesia adalah Negara yang majemuk dengan budaya, agama dan ras yang berbeda namun tetap bisa berdiri bersama meskipun banyak perbedaan yang sama sekali berbeda di Jepang,” katanya.

Istilah Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu) menjadi topik menarik dalam tulisannya. Istilah ini menyatakan bahwa kita, orang Indonesia, telah membawa kata-kata itu sejak kita lahir dan mungkin juga berlaku untuk negara lain yang tidak begitu beragam seperti Jepang.

Rika Susanto menyampaikan bahwa pola belajar di POS Medan telah membentuk karakter anak dan menggali potensinya untuk bisa menunjukkan prestasinya sampai ke dunia internasional.

“Lulusan kita juga sudah tersebar ke seluruh dunia dan banyak juga dari lulusan kita yang bekerja di luar negeri, menjadi entrepreneur dan memasuki dunia kerja profesional seperti dokter dan profesi lainnya,” tandas Rika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here