Dari BBT Erman Tale Daulay, Pengalaman Empiris Syahrul M. Pasaribu Bantu Kandidat untuk Memenangkan Kontestasi Politik

0
43

JAKARTA-Perbincangan hangat antara Erman Tale Daulay dengan narasumber mantan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu dan Direktur Eksekutif Roda Tiga Konsultan Kahfi Siregar dalam channel Youtube Tale Trias Info mengiris tipis-tipis kiat memenangkan kontestasi politik di Pemilu 2024 mendatang.

Syahrul M Pasaribu yang sudah malang melintang di dunia politik menjadi Anggota DPRD Medan, Anggota DPRD Sumut dan akhirnya menjadi Bupati Tapanuli Selatan, mencoba membuka rahasia bisa memenangkan kontestasi politik.

“Rahasia pertama adalah kita harus menjadikan rakyat itu jadi nafas kehidupan kita, apakah itu? Misalnya reses, betul-betullah kita reses. Kalau ada kunker, betul-betullah menjalankan kunker. Untuk legislatif incumbent jika masih berkeinginan untuk maju kembali, masih ada waktu untuk melakukan konsolidasi di dapil masing-masing,” paparnya.

Untuk apa? lanjut Syahrul Pasaribu. Dengan turunnya kita ke dapil kita masing-masing, maka itu menjadi kesempatan bagi kita bertemu langsung dengan rakyat, bertemu dengan konstituen kita.

Kedua, kata Syahrul Pasaribu kita harus jujur pada diri sendiri. Lakukan introspeksi diri, dimana kelemahan kita, apa kelebihan kita dan apa kelebihan dan kelemahan dari lawan politik kita. Apa yang bisa saya lakukan dan apa yang tidak bisa saya lakukan.

“Apabila kita hubungkan dengan situasi dan kondisi sekarang, di sinilah dibutuhkan kehadiran seorang lembaga survey untuk memberikan masukan dan saran terkait langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan, tapi ingat, jangan memanfaatkan lembaga survey yang tidak jelas hanya untuk menaikkan popularitas, nanti pada saat hasil akhirnya tidak sesuai harapan bisa kecewa,” tandasnya.

Secara khusus, Syahrul M Pasaribu juga menceritakan langkahnya bisa menjadi Bupati Tapsel setelah berhasil memenangkan ‘kompetisi’ dengan perolehan suara terbanyak dari 6 pasangan calon pada waktu itu. Padahal, Syahrul Pasaribu pada waktu itu baru saja dilantik untuk periode ketiga menjadi Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar.

“Saya adalah putra kelahiran Tapanuli Selatan, walaupun saya berkarir di legislatif DPRD Sumut tapi hubungan baik saya dengan teman-teman di daerah, khususnya di Tabagsel tidak pernah terputus. Hubungan baik ini tetap saya pelihara dengan baik, karena pada akhirnya rakyat yang akan memilih, “vox populi vox dei” yang memiliki arti kurang lebih ‘suara rakyat adalah suara Tuhan’,” paparnya.

Kahfi Siregar selaku Direktur Eksekutif Roda Tiga Konsultan menyampaikan apa yang dilakukan Syahrul Pasaribu untuk memenangkan kontestasi politik sudah benar.

“Jujur terhadap kemampuan diri sendiri dan mengerti posisi lawan politik menjadi salah satu poin penting yang harus diketahui jika ingin memenangkan kontestasi politik. Hasil dari lembaga survey bisa dijadikan panduan untuk mengetahui di daerah mana sebenarnya basis kita dan bagaimana dengan lawan kita,” kata Kahfi Siregar.

Selanjutnya, Syahrul M Pasaribu berbagi pengalaman terkait dengan posisinya sebagai Bupati Tapanuli Selatan, ia sangat rajin turun ke desa-desa (Turdes) dan sengaja tidak memberitahu camat atau kepala desa.

“Jadikan rakyat itu sebagai bagian dari nadi kehidupan kita agar kita benar-benar dikenal dan mengerti apa sesungguhnya yang diinginkan rakyat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here