DJP Ajak Generasi Muda Bela Negara, Sadar Membayar Pajak

0
282
Menteri Pendidikan Nadiem makarim

PRIMENEWS | MEDAN-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur 2021 dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara.

Acara yang digelar secara daring dan disiarkan langsung lewat akun Youtube Ditjen Pajak RI, Rabu (25/08/2021).

Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) ikut memberi sambutan dalam acara ini.

Dalam laporannya kepada Menteri Keuangan, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo menyampaikan, dengan tema ini (Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara) diharapkan generasi muda memahami bahwa bela negara tidak selalu berarti memanggul senjata menghadapi musuh, namun juga dilakukan dengan bentuk yang lain sepanjang masa dalam segala situasi.

“Misalnya dengan cara mengikuti pendidikan kewarganegaraan baik jalur pendidikan formal maupun non formal dan juga membayar pajak yang berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara untuk melaksanakan pembangunan,” lapor Suryo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, agar APBN bisa berperan menghadapi kondisi pandemi Covid-19, menangani bidang kesehatan, menangani bantuan sosial, membantu usaha kecil menengah, perananan dari pajak menjadi sangat penting.

“Sebesar 70 hingga 80 persen penerimaan keuangan negara atau APBN kita adalah dari pajak,” ujar Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan menjelaskan bahwa setiap rupiah yang dibayarkan masyarakat dalam bentuk pajak sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia, pembangunan, serta negara negara untuk bisa menghadapi berbagai tantangan termasuk pandemi Covid-19.

Sedangkan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengajak pelajar dan mahasiswa untuk memahami bahwa pajak sangat penting dalam kehidupan kita dan kemajuan Indonesia

”Adik-adik pelajar dan mahasiswa perlu memahami bahwa pajak sangat penting untuk kehidupan kita dan kemajuan Indonesia. Bahkan adik-adik bisa bersekolah dan berkuliah karena pajak,” ucap Nadiem seraya menambahkan, kita semua harus belajar tentang pajak dan taat membayar pajak.

Kegiatan Pajak Bertutur 2021 memiliki beberapa rangkaian acara, di antaranya dialog interaktif dengan mahasiswa peserta Pajak Bertutur 2021, peluncuran game hasil karya pemenang Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan.

Selain itu juga ada pemberian penghargaan kepada para pihak yang telah membantu menyukseskan program Inklusi Kesadaran Pajak (Edutax Award), seminar paper “Tax Education and Tax Awareness: An Analysis on Indonesian Tax Education Program” oleh Tim Tax Education and Research Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, serta pengumuman pemenang Lomba Tutur Pajak dan Lomba Pajak.com Writing Festival 2021.

Peserta kegiatan ini terdiri dari tax center, relawan pajak, fasilitator inklusi, mahasiswa, serta masyarakat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here