DPMA IPB dan Ikamatabagsel Bogor Gelar Sosialisasi Produksi Pelet Ikan di Sibuhuan

0
8

PRIMENEWS | SIBUHUAN-Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB yang didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (Ikamatabagsel) Bogor menyelenggarakan pelatihan “Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Pembuatan Pelet Ikan”, Sabtu, 18 November 2023 kemarin di Sibuhuan, Kab. Padanglawas.

Peserta pelatihan terdiri dari petani ikan, penyuluh, guru dan siswa dari Kab. Padanglawas dan Kota Padangsidimpuan.

Tim Instruktur merupakan dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB, yaitu Drh. Usamah Afiff, M.Sc, Dr. drh. Safika, M.Kes dan Dr. drh. Rahmat Hidayat, S.KH, M.Si, M.H.

Dalam paparannya, Usamah Afiff menjelaskan berbagai penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri, virus, cendawan dan parasit. Adapun Safika mengingatkan bahaya penggunaan antibiotik yang telah resistan.

Ir. M. Soleh Purba selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (Ikamatabagsel) Bogor menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan seperti ini sebagai bentuk nyata kepedulian alumni atas pengembangan sumber daya manusia (SDM) petani di kampung halaman.

Dalam kegiatan ini, Rahmat Hidayat memaparkan cara membuat pelet ikan dengan inovasi imunoglobulin (Ig-Y) sehingga pelet juga berperan dan mencegah infeksi penyakit ikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here