Dukung Sport Tourism, Musa Rajekshah Resmikan Museum Vespa VWD 2022 Bali

0
80

PRIMENEWS | BALI – Sebagai tokoh otomotif muda yang juga senang mengendarai vespa dan intens mendukung sport tourism di Sumatera Utara (Sumut), Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah membuka secara resmi Museum Vespa di Gelaran Vespa World Days (VWD) 2022 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Kamis (9/6).

Sembari memotong pita sebagai tanda resmi dibukanya Museum Vespa, Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah didampingi Mantan Ketum PP IMI Nanan Soekarna, Ketua Pelaksana VWD 2022 Danny Hardjuna, Kurator Museum Vespa Bambang dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Harun Mustafa Nasution mengatakan sangat bangga dan apresiasi sebesar-besarnya atas gelaran VWD yang berhasil menghadirkan pecinta Vespa dari 15 negara, dan tercatat diikuti oleh kurang lebih 10 ribu scooterist.

VWD 2022 di Bali ini juga tercatat sebagai pelaksanaan Vespa World Day pertama yang diselenggarakan di luar benua Eropa, gelaran terakhir di Tahun 2019 dilaksanakan di Zanka, Hongaria. “Kami apresiasi sekali kegiatan ini mampu bangkitkan pariwisata Indonesia, bukan hanya sekedar mencari kesenangan tapi efeknya juga untuk peningkatan ekonomi. Acara ini menunjukkan kalau kita Indonesia juga mampu berkegiatan berskala dunia. Museum ini juga bukti kalau kreativitas anak-anak bangsa ternyata luar biasa,” ujar Ijeck.

Museum ini, lanjut Ijeck menambah wawasan para scooterist karena diisi oleh vespa mulai dari Tahun 1948 hingga terbaru. Semua motor yang dipajang memiliki potongan ceritanya masing-masing. “Bagi para pecinta vespa museum ini sangat bermanfaat sekali, menambah wawasan sejarah perkembangan vespa di dunia karena ada vespa asal dari Jerman, Inggris ada juga vespa ape bajaj dan bagaimana vespa ini masuk ke Indonesia dan mengapa dikeluarkan,” ujarnya.

Selain mengetahui perkembangan sejarah vespa, Kelebihan dari museum ini juga bangkitkan kreativitas para anak muda. “Semakin banyak anak vespa yang kumpul di sini, melihat ini maka semakin semangat dan terinspirasi mempercantik vespa yang dimiliki. Bengkel vespa pun nanti semakin ramai dan ekonomi masyarakat bangkit,” ujar Ijeck yang juga mantan Ketua IMI Sumut ini.

Ijeck pun mengapresiasi salah satu motor vespa milik Siar_Victory asal Sumut yang juga dipajang di Museum Vespa. Motor custom dengan mesin donor dari vespa excel yang diberi nama Fundemic. Melihat prestasi ini, Ia pun meminta para scooterist khususnya di Sumatera Utara untuk merawat dan mencari tahu sejarah vespa yang dimiliki.
“Kalau punya Vespa dirawat dan setidaknya tahu sejarahnya dan doakan nanti museum dan acara yang sama bisa kita buka di Sumatera Utara sehingga banyak scooterist dari luar datang sekaligus membangkitkan pariwisata Indonesia khususnya Sumatera Utara,” harapnya.

Kurator Bambang juga mengaku mendapat apresiasi dari banyak peserta dari luar negeri. “Semua jenis vespa ada di Indonesia, bahkan tamu dari luar negeri ada yang baru pertama kali melihat beberapa jenis vespa di museum ini. Mereka apresiasi sekali karena ada vespa tahun 50’an dilihat masih bisa jalan, dipakai perjalanan jauh dan tidak ada masalah,” ujar Bambang.

Sebelumnya Ijeck juga sempat melepas keberangkatan 25 scooterist asal Sumut untuk ikuti ajang VWD 2022. Ia juga mengajak para peserta untuk kompak selama perjalanan dan ikut mempromosikan wisata yang ada di Sumut.

“Dan sampai di Bali pun kita bisa menunjukkan bahwa di Sumut kita punya banyak potensi daerah-daerah wisata. Harapan kami kawan-kawan dari komunitas vespa ini bisa membantu promosikan daerah kita,” ujar Ijeck saat melepas scooterist yang juga tergabung dalam Himpunan Vespa Sumatera Utara (Hivsu) di pelataran Istana Maimun Medan, Senin (23/5) lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here