Edy Rahmayadi Ajak Pemimpin dan Konsul Negara Sahabat Tingkatkan Daya Saing Sumut

0
12

PRIMENEWS | MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh pemimpin di Sumut beserta Konsul negara sahabat perkuat kerja sama. Melalui kerja sama yang kuat, diharapkan Sumut memiliki daya saing Sumut di level internasional semakin meningkat.

Hal ini diungkapkan Edy Rahmayadi usai Malam Resepsi Kenegaraan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (17/8). Menurutnya sinergitas antara pemimpin Sumut beserta negara sahabat merupakan hal utama dalam membangun provinsi ini.

“Kita harus meningkatkan kerja sama, apa yang bisa kita lakukan untuk Sumut hingga memiliki daya saing di level internasional,” kata Edy Rahmayadi yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Tujuan peningkatan daya saing tersebut, menurut Edy Rahmayadi, untuk menyejahterakan rakyat. Selain itu juga memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Muaranya untuk menyejahterakan rakyat, akan sulit tercapai bila kita tidak satu visi, mudah terpecah belah dan tidak memiliki komitmen yang sama,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi menjelaskan, di tahun 2023, pembangunan di Sumut menunjukkan arah yang positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan II sebesar 5,19%, lebih tinggi dari nasional (5,17%), Indeks Pembangunan manusia meningkat 0,71 poin (72,71 poin) dibanding tahun lalu, menurunya angka kemiskinan dari 8,33 % pada September 2022 menjadi 8,15% pada Maret 2023 (berkurang sekitar 22,4 ribu jiwa).

Pada bidang tenaga kerja, tingkat pengangguran terbuka menurun 0,92%, dari 6,61% di Agustus 2022 menjadi 5,24% di February 2023. Begitu juga pengendalian inflasi yang menunjukkan tren positif di mana pada bulan Juli 2023 sebesar 2,54%.

“Ini semua berkat kerja sama stakeholder dan masyarakat Sumut, tetapi tentu kita perlu lebih dari ini untuk mewujudkan Sumut yang bermartabat.

Konsul Jepang di Medan Takonai yang mewakili konsul negara sahabat lainnya mengatakan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah memberikan perubahan signifikan untuk Sumut.

“Kami memberikan apresiasi yang besar atas upaya mereka berdua memajukan dan mengembangkan Sumut ke tingkat yang lebih baik,” kata Takonai.

Malam Resepsi Kenegaraan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Sekda Pemprov Sumut serta unsur Forkopimda Sumut. Hadir juga seluruh OPD Pemprov Sumut, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya serta Ormas. (Winda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here