Ini Perjuangan Deni Setiawan Seorang Kader Jaminan Kesehatan Nasional di Palu

0
11

PRIMENEWS | PALU-Deni Setiawan (29) merupakan salah satu Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berprestasi di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palu. Deni menjalani peran sebagai Kader JKN sudah sejak 5 tahun yang lalu. Tak sedikit penolakan yang dia rasakan, namun hal tersebut tidak pernah menghentikan langkahnya untuk tetap memberikan layanan dan informasi kepada peserta JKN.

Ditemui usai kegiatan evaluasi di kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu (02/08), Deni begitu bersemangat untuk berbagi cerita kepada tim Jamkesnews mengenai pengalamannya selama menjadi Kader JKN.

Deni mengaku, menjadi kader JKN membawa banyak perubahan dalam kehidupannya. Awalnya dirinya suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi dengan masyarakat, namun setelah menjadi Kader JKN, sedikit demi sedikit dia mulai terbiasa dan berbaur dengan masyarakat.

“Profesi ini mengharuskan saya untuk melakukan pendekatan-pendekatan ke masyarakat, semua itu untuk mendapatkan kepercayaan demi komunikasi yang lebih baik. Ini sangat positif buat saya,” kata Deni.

Deni menjelaskan, Kader JKN merupakan mitra BPJS Kesehatan yang mempunyai fungsi melakukan sosialisasi dan edukasi, memberikan informasi, menerima keluhan, pendampingan serta pengingat dan membantu pengumpulan iuran. Dia mengungkapkan, berdasarkan pengalaman di lapangan, dirinya sering juga mendapatkan penolakan saat mengunjungi peserta. Hal tersebut tentu saja tidak serta merta mematahkan semangatnya, karena baginya pekerjaan sebagai Kader JKN merupakan pekerjaan yang mulia.

“Mungkin peserta pikir saya tukang tagih jadi kalau saya berkunjung kadang dicuek, tapi itu dulu waktu awal-awal saya bertugas. Sekarang, justru peserta yang menghubungi saya jika butuh informasi, keluhan ataupun pelayanan yang lain. Bahkan saya pernah dihubungi peserta saat dini hari karena ada peserta yang gawat dan keluarganya tidak paham terkait prosedur pelayanan,” ujar Deni.

Deni tidak menampik rasa lelah yang juga kadang menghampiri, namun hal itu lenyap seketika saat melihat senyum peserta yang merasa puas akan informasi ataupun pelayanan yang dia berikan.

“Menjadi Kader JKN bukanlah pekerjaan mudah, harus bermental baja dan jangan mudah menyerah. Semua harus dijalani dengan tulus dan ikhlas agar segala pekerjaan terasa mudah dan menyenangkan,” ujar Deni. Okz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here