Kantor Perwakilan BI Sibolga Gelar Sosialisasi Gerakan CBP di Kota Padangsidimpuan

0
66

PRIMENEWS | PADANGSIDIMPUAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga, gelar sosialisasi gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBP)kepada para guru SMA/SMK di Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (13/3).

Sosialisasi berbentuk training of trainers (ToT) bertajuk “Trainer CBP Rupiah untuk Masa Depan” digelar di Emerald Hall Hotel Mega Permata Padang Sidempuan.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias menjelaskan kegiatan ToT CBP Rupiah tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya fungsi dan peranan uang dalam perekonomian.

“Kita berharap melalui sosialisasi tersebut masyarakat memahami ciri-ciri keaslian uang rupiah,” Yuliansah Andrias.

Yuliansah mengungkapkan, sosialisasi tersebut menyasar para guru sekolah sebagai peserta ToT, supaya bisa meneruskan informasi tersebut kepada siswa-siswa yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan uang rupiah.

“Kami mengharapkan peranan dari bapak dan ibu guru tadi untuk meneruskan informasi cinta, bangga dan paham rupiah tersebut kepada adik-adik kita di sekolah,” ungkap Yuliansah.

Menurut Yuliansah, Bank Indonensia meningkatkan kualitas uang rupiah agar tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

” Jadi caranya itu dengan menambahkan unsur-unsur pengaman yang lebih canggih dan terkini, yang banyak dipakai oleh bank sentral negara lain. Teknologi terkini di industri percetakan uang itu kita aplikasikan kedalam uang rupiah kita yang baru,” jelasnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Padang Sidempuan yang diwakili Kasi SMK Benni Damanik memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kerjasama yang telah dijalin dengan Cabdis Pendidikan.

”Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan guru terhadap rupiah,” pungkasnya.

Selanjutnya Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution,SH, MM pada sambutannya sebelum membuka sosialisasi tersebut menyampaikan kegiatan ini salah satu bagian dari nasionalisme.

Cinta dan bangga terhadap rupiah harus digelorakan melalui bapak ibu di sekolah sekolah. Dengan cinta dan bangga dengan rupiah kita bisa menjaga rupiah sebagai salah satu mata uang yang dapat bersaing kompetitif di mata dunia.

Kita harap dengan adanya isu – isu internasional tidak mempengaruhi nilai tukar rupiah, justru semakin menguatnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing,tambahnya.

Irsan juga meminta agar sosialisasi ini tidak hanya dilakukan pada tingkat SMA/SMK tetapi pada tingkat dapat dilaksanakan di tingkat SMP/MTS hingga SD/MI.

Hadir mendampingi Walikota, Kaban Bapelitbang M. Yusar Nasution, Mewakili Kadis Pendidikan Padang Sidempuan dan mewakili Kabag Perekonomian Setda Kota Padang Sidempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here