Ketua Umum DPP Himpak Citra E Capah Lantik Chandra Lingga Jadi Ketua DPW Himpak Sumut

0
94

PRIMENEWS | MEDAN-Ketua Dewan Pengurus Pusat Himpunan Masyarakat Pakpak (DPP Himpak) Drs. Citra Effendi Capah, MSP secara resmi melantik Chandra Lingga jadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah Himpunan Masyarakat Pakpak (DPW Himpak) Sumatera Utara, dalam acara Pelantikan Pengurus DPW Himpak Sumut dan Halal Bi Halal Himpak, Senin (16/5/2022) di Hotel Santika Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Chandra Lingga dilantik bersama Sekretaris Achmad Sapril Padang, SIP, Bendahara Marundut Tua Manik, ST dan seluruh jajaran pengurus DPW Himpak Sumut yang dilanjutkan dengan penyerahan Pataka DPW Himpak Provinsi Sumatera Utara untuk dikibarkan di seluruh penjuru kabupaten/kota yang ada di Sumut.

Pelantikan dan penyeraha pataka dilakukan setelah Sekjend DPP Himpak Kasiman Berutu membacakan Surat Keputusan DPP Himpak. Kemudian, Ketua DPP Himpak Citra Effendi Capah membacakan kata-kata pelantikan kepada Ketua DPW Himpak Provinsi Sumut Candra lingga serta pengurus lainnya.

Acara pelantikan diawali dengan tari era era dan napuren dudur (tari persembahan Pakpak) menyambut para pejabat yang hadir antara lain mewakili Gubsu, Bupati Dairi Dr Eddi Kelleng Ate Berutu, Walikota Subussalam Alfian Bintang, Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Mutsyuhito Solin, M.Pd, Wakil Walikota Medan Aulia Rahman, tokoh masyarakat Sumut Saf Lubis, Prof Aslim Sihotang serta undangan lainnya.

Ketum Umum DPP Himpak Drs Citra Effendi Capah MSP dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi Himpak adalah organisasi dalam kehidupan pergaulan keseharian yang lebih menonjolkan kekerabatan adat dan budaya dibandingkan dengan struktur kepengurusan.

“Dengan kata lain tutur lebih lebih menonjol dari pada struktur organisasi. Tutur adalah tatanan kekerabatan sesama warga Pakpak berdasar Sulang Silima. Sulang Silima adalah struktur sosial yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Pakpak yang didalamnya terdapat unsur berru, sebeltek, sinina, puang dan kula-kula,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya seluruh masyarakat Pakpak yang memiliki kekerabatan bisa mejalin tali silaturahmi karena masih dalam suasana Lebaran 1443 H.

Mewakili tokoh masyarakat Sumut Syaf Lubis menyampaikan pesan kepada Ketua DPW Himpak yang baru dilantik, Candra Lingga dan jajaran pengurus agar melalui organisasi ini dapat membesarkan keberadaan suku Pakpak dan membangun tali silaturahmi dengan sesama.

Sementara Wakil Walikota Medan, Bupati Dairi, Wakil Bupati Pakpak Bharat dan Walikota Subusalam dalam sambutanya secara khusus menyampaikan doa dan ucapan selamat kepada Ketua DPW Himpak Provinsi Sumut dan mengajak masyarakat Pakpak bersatu dalam membangun daerahnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here