Musa Rajekshah Lantik Pengurus Daerah IPHI Simalungun

0
365

PRIMENEWS | SIMALUNGUN – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut Musa Rajekshah melantik Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Simalungun masa bakti 2020-2025, Minggu (22/11), di Gedung Islamic Center, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Ketua IPHI Sumut kepada Ketua IPHI Kabupaten Simalungun yang baru dilantik Amrisyam. Usai pelantikan, arahan dan bimbingan disampaikan Wagub Musa Rajekshah. Salah satunya, pesan untuk selalu menjaga kebersamaan dan mempererat ukhuwah islamiyah.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus IPHI Simalungun yang baru dilantik dan saya berharap dibawah kepemimpinan H Amrisyam, IPHI Simalungun dapat menjaga persaudaraan dan ukhuwah islamiyah di wilayah ini khususnya dalam rangka membantu pelaksanaan ibadah haji yang mabrur,” katanya.

Wagub Musa Rajekshah kemudian menginformasikan bahwa tahun depan, kemungkinan jemaah haji Indonesia termasuk Sumut sudah bisa melaksanakan ibadah haji. “Insya Allah, sama-sama kita doakan. Agar dunia semakin membaik, pandemi Covid-19 berakhir dan kerinduan kita berkunjung ke Tanah Suci bisa terobati seperti dahulu,” ujarnya.

Selain itu, Wagub juga menyinggung perihal pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang. Dirinya mengajak agar seluruh elemen masyarakat ikut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan menjaga agar pelaksanaan berlangsung kondusif.

Sebelumnya, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga mengharapkan IPHI Simalungun dapat memberikan sumbangsih dan pemikiran terhadap pembangunan Simalungun. Apalagi, saat pandemi Covid-19 yang mengancam kesehatan, diharapkan ikut menjadi organisasi yang merangkul masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

“Semoga IPHI ke depannya bisa membantu pembangunan Kabupaten Simalungun ke arah yang lebih baik serta membawa manfaat kepada masyarakat Simalungun khususnya,” ucapnya.

Amran kemudian menjelaskan perihal pembangunan Islamic Center Simalungun, tempat pelantikan yang masih dalam proses perampungan. Pembangunan membutuhkan dana sekitar Rp10 Miliar, namun hingga kini dana yang baru terkumpul baik dari APBD Kabupaten Simalungun ataupun para donatur sekitar Rp5 Miliar.

“Kami harapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi untuk pembangunan Islamic Center ini. Sehingga pembangunannya dapat diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” harap Amran.

Ketua IPHI Kabupaten Simalungun Amrisyam mengucapkan terima kasih atas arahan dan bimbingan yang disampikan Wagub Musa Rajekshah serta Pemda Simalungun. Amrisyam mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan harapan-harapan yang disampaikan selama masa kepemimpinan dirinya.

Pelantikan IPHI Simalungun yang mengangkat tema ‘Melalui Pelantikan IPHI Simalungun, Kita Tumbuh Kembangkan Kebersamaan dan Persaudaraan dalam Menjaga Kemabruran Haji’ berlangsung lancar. Kehadiran Musa Rajekshah disambut dengan lantunan Marhaban yang dilakukan ibu-ibu perwiridan, dilanjutkan dengan penyematan ulos khas Simalungun. Tari sambutan pun ditampilkan dan diakhiri dengan penyampaian ucapan selamat, acara ramah-tamah serta foto bersama.

Turut hadir anggota DPRD Sumut Iskandar Sinaga, Irham Buana, Dodi Taher, Sekretaris IPHI Sumut Azhar Sitompul, Sekretaris MUI Sumut Ardiansyah, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Wakil Sekjen DPP Majelis Dakwah Islamiyah Hadi Susanto, para pengurus IPHI Sumut dan Simalungun, serta seluruh tamu undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here