Sinergitas Pemkab Sergai dengan TNI, Tanam 15 Ribu Bibit Bakau di Bagan Kuala Tanjung Beringin

0
8

SERGAI-Sinergisitas antara Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tercermin dari kegiatan penanaman mangrove Lantamal I Belawan bersama masyarakat pesisir dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (9/6/2022).

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan mengucapkan selamat datang kepada Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo di Serdang Bedagai, Tanah Bertuah Negeri Beradat. Wilayah yang memiliki susur pantai sepanjang kurang lebih 95 kilometer, merupakan wilayah strategis dalam pertahanan laut Indonesia.

“Ini merupakan bagian dari upaya perlindungan pesisir dan pantai. Karena mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir. Selain sebagai hunian dari berbagai flora dan fauna pesisir, mangrove ini juga sebagai perlindungan pertama dari bahaya tsunami, penahan laju erosi dan perangkap sedimen,” ungkapnya.

Ia juga sangat mengapresiasi TNI AL terkhusus Lantamal I Belawan yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Pihaknya siap mendukung penuh kegiatan serupa di seluruh wilayah Serdang Bedagai.

“Selain sebagai upaya pembinaan pertahanan wilayah laut, kegiatan ini diharapkan mampu mengedukasi dan memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat, karena kita ketahui mangrove merupakan tempat hewan berkembangbiak,” tandasnya.

Sementara itu, Danlantamal I Belawan Laksamna Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki program dalam bidang pembinaan potensi maritim yaitu Kampung Bahari Nusantara (KBN).

“Didalam KBN ini, salah satunya menanam mangrove, masuk dalam bidang pembinaan wilayah laut. Ini tugas kami, dimanapun berada kami harus bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Pada kegiatan di Bagan Kuala ini, dirinya menargetkan akan menanam 15 ribu pohon bibit mangrove.

“Untuk tahap awal ini kita tanam 5 ribu bibit mangrove. Penanaman akan dilakukan secara bertahap hibgga puncak pencanangan KBN September mendatang berjumlah 15 ribu bibit,” tambahnya.

Dirinya secara khusus mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Sergai yang sudah mendukung kegiatan ini.

“Kami juga mengapresiasi Pemerintah yang sudah memperjuangkan pulau Berhala hingga sertifikatnya dapat keluar. Itu harus kita bahas agar pulau berhala dapat dimanfaatkan maksimal,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here