Tim Monitoring Mebidang Bagikan 5.000 Masker

0
384

PRIMENEWS | MEDAN – Tim Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Medan, Binjai, dan Deli Serdang (Mebidang) memulai kegiatannya di kawasan Pusat Pasar Medan, Selasa (18/8). Selain membagikan 5.000 masker, juga melaksanakan edukasi ke masyarakat.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Utara (Sumut) Nomor 34 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Target sosialisasi dan edukasi tahap awal ini adalah orang-orang yang tidak menggunakan masker. Jika ada masyarakat yang tidak memakai masker, tim memberikan masker sekaligus menyampaikan tentang pentingnya menggunakan masker.

“Tim yang turun tidak hanya membagi-bagi masker. Tim juga memberi tahu pentingnya masker serta protokol kesehatan,” kata Wakil Ketua Tim Terpadu Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Mebidang Azhar Muliadi di sela-sela kegiatan.

Selain itu, dilakukan juga edukasi mengenai protokol kesehatan lain, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak di tengah keramaian. Tim menyisir titik-titik keramaian, mulai dari Pusat Pasar hingga kawasan Medan Mall.

Tim terdiri dari unsur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, kepolisian, mahasiswa, dokter, hingga tokoh agama. Wakil Ketua Tim Terpadu Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Mebidang Azhar Mulyadi mengatakan, setelah sosialisasi dan edukasi selama 1 – 2 minggu, baru akan diadakan penindakan.

Melalui kegiatan ini diharapkan angka penularan Covid-19 di kawasan Mebidang bisa dikendalikan atau berkurang. Sebab hingga saat ini angka penularan Covid-19 tertinggi berasal dari kawasan ini. “Diharapkan dengan sosialisasi dan edukasi ini, masyarakat lebih peduli dan angka penularan Covid-19 tidak melaju lebih tinggi lagi, bahkan berkurang,” kata Azhar.

Pengunjung Pasar Sentral Diah Ayu berterima kasih dan mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemprov Sumut ini. Apalagi membagi-bagikan masker.

“Terima kasih, ini yang kami tunggu-tunggu,” kata Diah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here