Wujudkan Kesetaraan Gender melalui Kampanye Kehumasan #PerempuanBermakna

0
5

PRIMENEWS | Jakarta – Berpegang teguh pada visi bring peace of mind to millions, Asuransi Astra tidak hanya memberikan peace of mind kepada pelanggan namun juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Sebagai salah satu upayanya, Asuransi Astra sebagai perusahaan asuransi yang dapat diandalkan, bersama-sama mengajak masyarakat menyuarakan makna perempuan melalui kampanye #PerempuanBermakna selama bulan Maret 2023. Kampanye ini didasarkan pada arahan OJK yang menjadikan perempuan sebagai salah satu sasaran prioritas dalam arah strategis literasi keuangan di tahun 2023 sekaligus mendukung terwujudnya SDGs poin 5 “Kesetaraan Gender” guna mengembangkan potensi dan perannya. Berkat kontribusi positif yang dilakukan, Asuransi Astra berhasil meraih juara pertama pada PR Excellence Awards 2023 dengan kategori Corporate PR Tema DEI (Diversity, Equity, Inclusion) di acara Konvensi Humas Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Semarang.

PERHUMAS PR Excellence Awards (PREA) 2023 adalah program penghargaan definitif untuk Insan Kehumasan/praktisi PR, baik dari sisi klien maupun agency yang dirancang sebagai medium apresiasi dan penghargaan tertinggi untuk kegiatan kehumasan/Public Relations yang diperuntukkan bagi institusi Public Relations maupun professional dalam public relations. PREA 2023 kali ini diberikan Perhumas dalam rangkaian acara Konvensi Humas Indonesia (KHI) 2023 dan melibatkan banyak oleh 84 partisipan dari 50 perusahan/instansi/lembaga yang mengirimkan program-program PR terbaik mereka. Terbagi dalam 4 kategori, penilaian melibatkan delapan dewan juri. Dalam penilaiannya, dewan juri menetapkan kriteria tertentu di antaranya seperti Research (Situation Analysis), Strategic and Tactic (Objective, Key Messages, Audience, Media, dan Tactics), dan Evaluation (Communication/PR Measurement).

Asuransi Astra memulai langkahnya dengan kepercayaan bahwa setiap harinya kita semua dikelilingi dengan perempuan yang memainkan berbagai peran berbeda. Di tengah rumitnya menjalani peran, para perempuan juga sering kali ditunjuk sebagai “decision maker” yang bijaksana dalam mengambil keputusan terhadap berbagai keadaan untuk dirinya sendiri serta keluarga. Berangkat dari hal tersebut, sekaligus menyambut Hari Perempuan Sedunia Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2023 lalu, Asuransi Astra memulai gerakannya dengan menyuarakan kampanye #PerempuanBermakna sepanjang bulan Maret 2023. #PerempuanBermakna dibungkus dengan rangkaian kegiatan yang diperuntukkan untuk publik dan pelanggan. Beberapa rangkaiannya diantaranya adalah acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna untuk komunitas ibu bersama Ajinomoto yang dilengkapi topik literasi keuangan dan kesehatan, Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara & Pemeriksaan USG Payudara di Kampung Berseri Asuransi Astra Pela Mampang, Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan Lovepink, hingga webinar Pengelolaan Keuangan untuk Perempuan Pelaku UMKM melalui program LENTERA (Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra) yang berkolaborasi bersama ngeLESin.

Tak hanya memberikan peace of mind kepada pihak eksternal, tetapi juga ingin memastikan pihak internal merasakan peace of mind yang sama sehingga menguatkan rasa sense of belonging, baik antar karyawan dengan perusahaan, maupun antar sesama karyawan. Asuransi Astra mengajak seluruh karyawan khususnya karyawan perempuan untuk dapat percaya diri dan berani menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan perempuan lainnya, dengan menyelenggarakan rangkaian SHEroes Workshop. Rangkaian SHEroes Workshop adalah program yang diadakan sebagai implementasi dari salah satu Employee Value Preposition Asuransi Astra, yaitu Wellbeing Program yang dilengkapi dengan kegiatan Wellbeing Talk Growth Mindset for SHEroes bersama Wanda Ponika dan SHEroes Workshop.

Kampanye ini juga bergerak di sisi digital dengan mengajak warganet untuk bersama-sama turut serta dalam gerakan melalui photo challenge di sosial media Instagram. Selain mengadakan aktivasi digital, Asuransi Astra juga memberikan edukasi berupa funfact dan informasi mengenai perempuan dan seputar keuangan untuk meningkatkan awareness dari kampanye yang sedang digalakkan. Sebagai wujud dukungan penuh perusahaan akan kampanye kehumasan ini, sepanjang bulan Maret 2023, Asuransi Astra membagikan safety kit agar tetap aman dan nyaman saat berkendara bagi para pelanggan perempuan yang membeli dan melakukan pembaruan polis asuransi Garda Oto melalui channel yang tersedia dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan setia serta masyarakat hingga karyawan Asuransi Astra berkat dukungan positif dan sinergi yang baik selama kampanye kehumasan #PerempuanBermakna digemakan. Keberhasilan kampanye kehumasan dalam memberikan kontribusi positif hingga meraih penghargaan luar biasa ini tentunya juga berangkat dari kolaborasi dari berbagai pihak guna terwujudnya goals utama yaitu SDG’s poin ke 5 “Kesetaraan Gender”. Kami berharap kedepannya Asuransi Astra tetap dapat mendukung terwujudnya pilar SDG’s dengan berbagai aktivasi berikutnya, agar terus dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh publik dan pelanggan dan memberikan peace of mind sebagaima mestinya,” Ujar Head of PR, Marcomm, & Event, Laurentius Iwan Pranoto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here