Juli 14, 2024

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil Harahap, Ph.D

PRIMENEWS | JAKARTA – Dalam kapasitas sebagai tamu undangan kehormatan dan warga Tapanuli bagian selatan (Tabagsel) di perantauan, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil Harahap, Ph.D menghadiri acara pengukuhan pengurus Parsadaan Alumni Pelajar Padangsidempuan dan Sekitarnya (PAPPSI) yang berlangsung di Golden Boutique Hotel, Jakarta Pusat (30 Juli 2023). PAPPSI meliputi Tabagsel: Tapsel, Padangsidempuan, Madina, Paluta dan Palas di wilayah Sumut.

Dalam kesempatan acara itu, Ali Jamil Harahap berkenan didaulat untuk menyampaikan pidatonya. Dengan bahasa gamblang alias mudah dicerna, Ali Jamil Harahap, menyampaikan sejumlah hal positif yang telah dicapai oleh Kementan.
Berpijak pada data BPS, ia mengungkapkan kinerja gemilang sektor pertanian pada saat pandemi Covid-19. Disebut gemilang karena saat pandemi, mayoritas sektor mengalami kelimpungan. Sebaliknya, kata Ali Jamil, sektor pertanian justru mampu eksis bergerak maju dan produktif.

Ali Jamil tak sekadar berucap, tetapi menyodorkan data pada layar. Dia menyebutkan indikatornya, produk pertanian tumbuh pesat yang berorientasi ekspor sekitar Rp 650 triliun.

Ali Jamil membanggakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian yang bisa melampai target. Untuk target tahun 2022, ia menyebut contoh, dana KUR sebesar Rp 90 triliun menjadi target untuk disalurkan, namun pencapaiannya justru melampaui target tersebut yakni Rp 113 triliun.

Karena itu, Ali Jamil mengajak petani milenial untuk terus memacu produksi dan mutu pertanian karena terbukti mendatangkan kesejahteraan. Apalagi smart farming membuat sektor pertanian menjadi pilihan terhormat dan bermartabat. Dengan sains pertanian tahan krisis dan terus bergerak maju.

Pada bagian lain, Ali Jamil mengungkapkan, kinerja bagus Kementan dalam menghadapi dampak El-Nino terhadap pertanian Indonesia.

“Inshaa Allah El-Nino tidak berpengaruh besar untuk produksi dan produktivitas sektor pertanian Indonesia sehingga penyediaan pangan bagi bangsa besar ke-4 di dunia ini bisa aman,” cetus Ali Jamil.

Ali Jamil Harahap, Ph.D juga mencurahkan segala perhatian untuk kemajuan pertanian di wilayah Tabagsel. Pada acara pengukuhan pengurus PAPPSI itu, Ali Jamil mengajak kalangan PAPPSI untuk menyebarkan dan melaksanakan smart farming di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *