Erman Tale Daulay dan Kahfi Siregar ‘Iris Tipis-Tipis’ Rahasia Memenangi Kontestasi Politik di 2024

0
26

PRIMENEWS | JAKARTA-Gonjang-ganjing politik jelang Pemilu 2024 sudah memanas, beberapa calon sudah muncul ke permukaan. Berbicara tentang rahasia memenangi kontestasi politik di 2024 nanti tak luput pula dari perbincangan hangat Erman Tale Daulay dengan Kahfi Siregar selaku Direktur Eksekutif Roda Tiga Konsultan (RTK) di channel Youtube Tale Trias Info, Selasa (28/6/2022).

Pemilu 2024 sudah diambang pintu, menyikapi hal ini beberapa konsultan politik sudah mulai melakukan langkah-langkah terntentu untuk partai politik tertentu atau calon tertentu. Dimulai dari bagaimana calon tersebut dikenal orang antara lain dengan door to door campaign, lewat media main stream, media sosial, digital kreatif, serta cara-cara lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas calon.

“Langkah awal yang harus dilakukan adalah survei politik dulu. Sejauh mana kemampuan kita dan lawan kita, seperti dalam perang. Ukuran kita ada tiga, popularitas, laektabilitas dan elektabilitas. Mulai dari keterkenalan, kedisukaan dan keterpilihan. Karena, untuk dipilih kita harus disuka dan untuk disuka harus dikenal, jadi jangan dibalik dan tiga tahap ini harus kita lewati,” papar Kahfi Siregar.

Erman menimpali selain tiga hal tadi (popularitas, laektabilitas, elektabilita) jangan lupa isi tas. Karena, dalam politik itu sangat besar ongkos politiknya dan isi tas ini akan mendukung ketiga hal tadi.

“Akan tetapi perlu juga disampaikan bahwa ongkos politik itu nilainya sangat relatif,” kata Kahfi Siregar.

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang, ada beberapa hal sudah bisa dilakukan untuk meningkatkan elektabilitas. Yaitu lewat serangan udara (media sosial, media main stream, media elektronik). Tapi, jangan lupakan juga serangan darat. Karena serangan darat itu lebih menyentuh sampai ke relung hati konstituen (personal tuch).

Saat mengiris tipis-tipis rahasia memenangi Pemilu 2024, Kahfi Siregar menyampaikan sebanyak apa pun isi tas kita, bukan jaminan untuk langsung memenangi kontestasi politik. Mulai dari sekarang harus membangun popularitas, keterkenalan dan elektabilitas agar nantinya bisa dikenal, disukai dan dipilih.

“Yang terpenting sebenarnya adalah sejauh mana kemampuan kita untuk menghadapi kontestasi politik dan sehebat apa kekuatan lawan kita. Agar ke depan kita bisa mengantisipasi hasil terburuk sekalipun,” tandas Kahfi Siregar.

Perbincangan seru antara wartawan senior Erman Tale Daulay dengan Konsultan Kahfi Siregar mengiris tipis-tipis rahasia memenangi kontestasi politik akan lebih lengkap saat mengikuti Bincang Tipis-Tipis ini di channel Youtube Tale Trias Info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here