Ikuti FGD Persiapan Menyambut W-20, Musa Rajekshah Terima Masukan KSBN Pusat

0
132

PRIMENEWS | MEDAN – Berbagai persiapan terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam menyambut kegiatan Women20 (W20) Summit, termasuk melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) bersama stakeholder terkait di antaranya Komite Seni Budya Nusantara (KSBN) di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Jumat (1/7).

Pada FGD tersebut, Kepala KSBN Pusat Endarji menyampaikan pertemun ini berdasarkan surat 20/LTR-716/VI/2022 TGL 22 JUNI 2022 kepada Ketua Umum KSBA untuk ikut berpartisipasi mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia sebagai komitmen Indonesia dengan mengarusutamakan partisipasi dan pemberdayaan ekonomi perempuan dalam tujuan G20, W20.

“Diskusi hari ini kita ingin kordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan KSBN di Sumut terkait agenda untuk tampil di pantai bebas dalam rangka prasummit W20 dari 9 – 23 Juli. Kemudian tari penyambutan para peserta deligasi dan tamu Summit W.20 di Bandara Kualanamu dan Silangit,” ujarnya.

Hal ini, lanjut Endarji, harus dimatangkan secara bersama-sama karena menyangkut nama baik Indonesia dan khususnya Sumatera Utara. “Berbagai kegiatan di Hotel Niagara sebagai satu lokasi penyambutan juga harus disiapkan, begitu juga pantun sebagai warisan budaya yang sudah ditetapkan oleh Unesco,” tambah Endarji.

Endarji juga meminta Pemprov Sumut untuk membuat gerakan bersih-bersih dan lainnya sebagai sosialisasi ke warga sekitar bahwa daerahnya menjadi tempat pelaksanaan puncak W20 yang merupakan side event dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Saya kemarin sampai di Silangit belum melihat ada spanduk-spanduk terkait kegiatan ini. Hal ini penting karena jika hanya terpublish di media sosial masyarakat awam tidak akan tahu, warga sekitar harus tahu bahwa daerahnya akan menjadi tuan rumah acara bertaraf dunia ini. Gerakan bersih-bersih dan lainnya juga penting dilakukan sehingga kegiatan nanti berjalan baik,” ujar Endardji.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengatakan Pemprov Sumut terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut acara W20. “Kami Pemprov siap mendukung karena kegitan ini kesempatan kita untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sumatera Utara baik itu alam, budaya, produk lokal UMKM dan lainnya,” ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub Sumut.

Ijeck mengaku sangat mengapresisi KSBN, khususnya Ketua Endarji yang sangat peduli dengan seni dan budaya khususnya di Sumut. “Pada pertemuan ini sudah jelas apa tangung jawab Provinsi, KSBN, Pemkab dan unsur lainnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Endarji atas masukan dan komitmennya dalam seni dan budaya, apalagi bapak mau mengecek langsung ke lapangan kami sangat mengapresiasi pak,” tutup Ijeck.

Hadir dalam kegitan Kepala KSBN Sumut Soekirman, Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Jimmy Bernando Panjaitan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Kaiman Turnip, Kepala Biro Adpim Basarin Yunus Tanjung, Kepala Dinas Koperasi Suherman dan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Alfi Syahriza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here