Hadiri Pelantikan Maporina Simalungun, Parlindungan Purba Usulkan Pemerintah Terbitkan Perda Tentang Tanaman Organik

0
6

PRiMENEWS | SIMALUNGUN-Tokoh masyarakat Sumut Dr.Parlindungan Purba hadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Kabupaten Simalungun, Kamis (5/10/2023) di Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun.

Dengan dilantiknya pengurus Maporina Simalungun, Parlindungan Purba memberikan tanggapannya bahwa tanaman dengan pupuk organik atau tanaman organik sangat dibutuhkan masyarakat, selain sehat harga jual dan belinya relatif lebih mahal dan menguntungkan bagi petani.

“Dalam menyikapi makin banyaknya petani yang beralih ke pola pertanian organik, ke depan perlu ada payung hukum seperti di Bali, dimana pemerintahnya menerbitkan Pergub tentang Tanaman Organik. Harapan kita lewat organisasi ini kita usulkan agar di Sumatera Utara, khususnya Simalungun ada Perda yang mengatur tentang tanaman organik dan pertanian oganik ini,” paparnya.

Pada acara pelantikan Pengurus Maporina Simalungun tersebut, Pangulu Rukun Mulyo Fitria Siallagan mengatakan bahwa pertanian organik berpengaruh kepada kehidupan masa depan. Kesadaran akan kesehatan, ekologi, keadilan, dan kepedulian menjadi kesadaran baru masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Nagori Rukun Mulyo, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia dan seluruh pihak yang terkait, sehingga acara berjalan dengan sukses dan lancar,” ujar salah satu pangulu termuda yang dilantik pada bulan Juni 2023 lalu.

Selain itu, Fitria juga berharap kepada seluruh yang terlibat di dalam Maporina dapat mengajak generasi muda untuk turut mengembangkan pertanian berkelanjutan. “Semoga itu dimulai dari Nagori Rukun Mulyo,” tandasnya.

Kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga beserta seluruh rombongan dan tokoh masyarakat yang bersedia meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan ini, kami secara khusus menyampaikan terimakasih.

Dia juga berharap dengan adanya Maporina dapat menjadi solusi setiap permasalahan pertanian di Kabupaten Simalungun.

Ketua DPD Maporina Simalungun yang baru dilantik adalah Arbanus Sinaga dan disaksikan undangan yang hadir seperti Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, mantan Bupati Sergai Soekirman, Anggota DPRD Sumut Gusmiyadi, Rektor Universitas Simalungun Sarintan Damanik, beserta tokoh-tokoh lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here