Kalbe Farma akan Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Korea Selatan

0
77

PRIMENEWS | Jakarta : Kalbe Farma bersama perusahaan Korea Selatan Genexine Korea melakukan uji klinis vaksin DNA untuk Covid-19. Uji klinis yang direncanakan dilakukan pada Juni 2020 dilakukan di Korea Selatan.

“Kalbe ikut konsorsium riset di Korea Selatan bersama partner Kalbe yaitu Genexine Korea. Fase satu uji klinis akan dilakukan di Korea Selatan bulan Juni 2020 ini,” kata Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius, dihubungi Republika, Rabu (3/6).

Ia menjelaskan, uji klinis di Indonesia juga akan dilakukan. Namun, terkait uji klinis di dalam negeri, saat ini Kalbe Farma sedang melakukan komunikasi dengan berbagai isntansi pemerintah, institusi riset, akademisi, dan profesi kedokteran di Indonesia.

“Kalbe berharap, dengan ikut serta konsorsium riset ini dapat memberikan akses vaksin Covid-19 secepatnya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Vidjongtius menambahkan.

Sebelumnya, Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Sie Djohan mengatakan riset vaksin ini telah dilakukan kepada primata. Hasil riset tersebut menunjukkan tubuh primata mampu menghasilkan antibodi yang dapat menetralisir Covid-19. Tahapan selanjutnya, vaksin akan diuji kepada manusia.

Lebih lanjut, Sie mengatakan Kalbe akan menggandeng lembaga pemerintah untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 ini. Sehingga, proses penelitiannya berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here