Juni 23, 2024

PRIMENEWS | MEDAN-Citra Effendi Capah resmi menyandang gelar Doktor (S-3) dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jurusan Ilmu Pemerintahan dengan predikat Sangat Memuaskan. Pengukuhan gelar Doktor digelar di Ruang Sidang Program Pasca Sarjana Doktoral IPDN Lantai 1 Gedung IPDN Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dr. Drs. Citra Effendi Capah, MSP dikukuhkan oleh Rektor IPDN Prof  Dr. Drs.H. Hadi Prabowo, MM yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. Deti Mulyati, SH, MH, CN dengan judul Disertasi “Implementasi Kebijakan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara”. Dengan Tim Promotor yang terdiri atas Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU. selaku Ketua Tim Promotor. Prof. Dr. Dahyar Daraba, M.Si  selaku Co Promotor  dan Dr. Irwan Tahir, AP, M.Si. selaku Co Promotor.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Deli Serdang ini setelah mempertahankan Disertasinya dihadapan promotor dan penguji selama tiga jam akhirnya Berhak dan dapat  Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 240 dengan predikat sangat Memuaskan ,dengan judul Disertasi “Implementasi Kebijakan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara”.

Dr. Drs. Citra Effendi Capah, M.SP

Dengan Tim Promotor yang terdiri atas:1.Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU., Selaku Ketua Tim Promotor. 2. Prof. Dr. Dahyar Daraba, M.Si, Co Promotor. 3. Dr. Irwan Tahir, AP, M.Si, Co Promotor.

Tim Penguji/Oponen Ahli yang terdiri atas:1. Prof.  Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM.yang dalam hal ini diwakili Dr. Deti Mulyati., SH, MH., CN. Wakil Rektor Bidang Kerjasama mewakili atas nama Rektor IPDN sekaligus menjadi pimpinan sidang. 2. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Direktur Sekolah  Pasca SarjanaIPDN). 3. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si (Kap Prodi Sekolah Program Pasca Sarjana IPDN). 4. Dr. Marja Sinurat, MPd, MM. 5. Dr. Ahmad Averus, M.Si  (Sek Kapprodi Pasca Sarjana). 6. Dr. Ir. Deden Gandana, M.Si (penguji Eksternal).

Riwayat singkat Dr Drs Citra Effendi Capah,M.SP

Tempat dan tanggal lahir :
Lae Meang Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, 26 Juni 1971
Orang tua :
H. Ririady Capah BcKn dan Hj. Rita Murni Bintang
Nama Isteri Chairani Cop Pohan, SE.

Anak :

  1. Farhan Rifa Aufa Capah, S.Tr.IP
  2. Atikah Salsabilah Capah S.Tr.IP.

Riwayat Pendidikan
SD Inpres 033914 Sidikalang lulus tahun 1984
SMPN 1 Sidikalang lulus tahun 1987, SMAN 2 Medan lulus tahun 1990,
STPDN Jatinangor lulus tahun 1993,
S1 IIP Depdagri lulus tahun 1998,
S2 USU Medan lulus tahun 2009.
Tahun 2019 Promovendus memasuki Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahah IPDN.

Riwayat Pekerjaan:
Staf Direktorat Bangdes Provinsi Sumatera Utara tahun 1993.,
Staf Kantor Camat Namorambe Kabupaten Deli Serdang tahun 1994.,
Kasubsi Perekonomian dan Produksi pada Seksi PMD Kantor Camat Namorambe DS (tahun 1996).,
Kasubbid Potensi dan Latihan pada Kantor Mawil Hansip DS (tahun 2000).
Kasi Pengamanan dan Pengawalan pada Kantor Satpol PP DS (tahun 2001.
Sekcam Teluk Mengkudu Kabupaten Deli Serdang (tahun 2001).
Sekcam Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang (tahun 2002).
Camat Deli Tua Kabupaten Deli Serdang (tahun 2006)
Camat Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang (tahun 2010).
Camat Galang Kabupaten Deli Serdang (tahun 2014).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Deli Serdang (tahun 2017).
Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2022.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan tahun 2023.
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (tahun 2021-sekarang)

Disertasi Dr Drs Citra Effendi Capah,M.SP yang berjudul : “Implementasi Kebijakan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara”, secara konseptual terinspirasi dari isu pentingnya Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat desa di masa pandemi Covid-19.

Berangkat dari isu penting tersebut,  kata Citra Capah yang juga Ketua DPP Himpak ini menyampaikan meskipun pandemi Covid-19 sudah berlalu, namun isu tersebut tetap aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni promovendus yang mengabdi  dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mendalami Ilmu Pemerintahan.

Disain Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif Analisis Deskriptif yang dikembangan dengan Analisis Triangulasi yang disertai dengan penerapan filsafat ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi dan aksiologi.

Melalui penerapan penerapan filsafat ilmu yang meliputi antologi, epistemologi dan aksiologi, Promovendus berhasil memperoleh temuan penelitian yang menjadi dasar penyusunan suatu Model. Secara konseptual Model tersebut didefinisikan sebagai suatu sistem kolaborasi pengelolaan sumber daya masyarakat dan pemerintahan Desa dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan terutama fungsi pengaturan, fungsi pengawasan, fungsi pembangunan, fungsi pelayanan, fungsi pemberdayaan, dan fungsi hubungan antar pemerintahan.

Dalam pengukuhan Citra Capah sebagai Doktor, Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU menyampaikan bahwa setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudara berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan.

“Sejak dilantik dan dikukuhkan, Saudara resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan. Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama  mengikuti program studi serta dapat menerapkan Model Manajemen Perubahan untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Kemandirian Desa yang Saudara susun dalam disertasi,” kata Prof Tjahya Supriatna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *