Juni 24, 2024

PRIMENEWS | MEDAN : Salah satu upaya untuk melatih kemampuan dalam menguasai bahasa adalah sering-sering berkomunikasi dengan orang yang sudah fasih dengan bahasa tersebut. Hal itu yang dilakukan Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK)/Sekolah Internasional PrimeOne School Medan.

Seperti disampaikan Founder PrimeOne School Medan Amrin Susilo Halim, untuk memantapkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa Inggris, maka kita harus mendatangkan tenaga pengajar atau guru langsung dari Amerika dengan tetap memedomani kurikulum Cambridge dan kurikulum Nasional.

Bagaimana dengan bahasan Mandarin? PrimeOne School Medan mendatangkan guru langsung dari China. Tidak hanya dari China, beberapa guru POS untuk bidang studi sains juga didatangkan dari luar negeri.

“Hal ini kita lakukan untuk lebih memudahkan peserta didik belajar langsung dengan sumbernya,” katanya.

Guru Mandarin di POS Medan bernama Mr. Zhang, berasal dari China dan sudah mengajar Mandarin selama beberapa tahun.

Mr Zhang mengaku sangat senang bisa mengajar di POS Medan. Baginya, di Indonesia, terutama di POS Medan ia merasa seperti memiliki keluarga baru, semuanya bersahabat, jadi tidak masalah bagi saya mengenai jarak Indonesia – China yang memisahkan dirinya dengan keluarga.

“Bagi saya, anak-anak sekolah POS Medan adalah anak yang cerdas, memiliki banyak pertanyaan, saya sangat senang dengan anak-anak seperti ini,” katanya.

Bagi Mr Zhang, dalam mengajar ia mendesain kelas agar anak-anak semua ikut terlibat dalam proses belajar mengajar, banyak teknik-teknik mengajar yang ia rancang agar peserta didik mudah dan cepat dalam memahami Bahasa Mandarin.

Dalam pembelajaran Bahasa Mandarin, menurut Mr Zhang ada banyak sekali polanya. Sekolah POS Medan sangat hebat karena mendesain program-program pengajaran yang bagus.

“Antara lain Mandarin for Specific Purpose dimana anak-anak diberi tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, anak berada di bandara, kalimat-kalimat apa yang perlu dikuasai anak saat berada di bandara,” tandasnya.

Pola ini, kata Mr Zhang langsung dipraktekkan dengan banyak temannya. Lalu ada internal Mandarin Competition dimana anak-anak berlomba vocabulary dan cara menulisnya, lalu ada projek mendesain kartu digital dalam bahasa Mandarin, ada Mandarin Language Ambassador, kita memilih duta untuk menjadi contoh berbahasa Mandarin yang benar dan memotivasi anak agar rajin berlatih.

Pentingnya menguasai Bahasa Mandarin, adalah untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan yang semakin global. Karena, ke depan salah satu bahasa di dunia Internasional yang perlu dikuasai adalah Bahasa Mandarin.

Pendiri POS Medan, Amrin Susilo Halim menambahkan bahwa penguasaan bahasa Mandarin menjadi sangat penting di era keterbukaan informasi dan persaingan untuk mendapatkan kesempatan kerja yang seluas-luasnya ke berbagai negara, terutama ke negara yang mensyaratkan penguasaan bahasa Mandarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *