Juni 20, 2024

PRIMENEWS | MEDAN – Tahun ini, PrimeOne School (POS) Medan kembali mendapat kesempatan untuk mengirimkan peserta didiknya belajar dan menyelesaikan semester genap di kelas 2 SMA selama 6 bulan (satu semester) di City College Plymouth, United Kingdom.

Menurut Direktur Akademik POS Medan, Dr. Fauziah K Lubis, SS,M.Hum, PrimeOne School bekerjasama dengan City College Plymouth (CCP) sejak tahun 2017. City College Plymouth (CCP) adalah perguruan tinggi negeri besar di South West England yang menawarkan berbagai kualifikasi teknis, profesional dan kejuruan, magang, dan program Foundation Degree.

Siswa yang mendapat kesempatan untuk belajar di CCP akan menerima sertifikat UK National Qualification Framework (NQF) level 3 sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikannya ke universitas UK/USA/CANADA/AUS/NZ setelah menyelesaikan program tanpa mengulang foundation lain setelah SMA kelas 3.

Keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pendidikan di CCP ini adalah pelatihan dan satu kali ujian IELTS, kemandirian karena tinggal dengan host family, memperluas Koneksi dengan Dunia Global, kemampuan Bahasa Inggris yang lebih dalam karena proses belajar mengajar semua dalam Bahasa Inggris

Peserta yang ikut program ini juga mendapat kesempatan untuk belajar dari pengajar international di kelas.

Siswa POS Medan yang berangkat tanggal 15 January 2023 lalu ada 14 orang dan akan mengikuti program ini selama 6 bulan.

“Kita berpesan kepada mereka harus belajar dengan sungguh-sungguh di UK karena certificate yang diterima nantinya dapat digunakan untuk apply ke Universitas. Selain itu, mereka harus mematuhi peraturan yang berlaku di CCP dan tetap ingat untuk menjaga nama baik sekolah dan Negara,” papar Fauziah.

Berikut ini adalah pendapat siswa yang sudah pernah ikut program CCP:

Nurlyza Isyira Aliyah Lubis (SH3 LBC) ikut program CCP tahun 2022.

“Selama disana kita belajar Biology, Physics, Chemistry, General Maths, Advanced Maths, ICT, Academic Skills, EAP dan saya mendapatkan pengalaman yang baru, guru-guru yang sangat baik, cara mengajar yang baik, kota yang damai dan tidak terlalu ramai, cuaca yang luar biasa tidak terlalu panas di musim panas dan tidak terlalu dingin di musim dingin, variasi makanan yang beragam dan akomodasi yang baik, secara keseluruhan saya sangat puas belajar di Plymouth,” kata Nurlyza.

Kemudian, Kirenius (SH3 SH) ikut program CCP tahun 2022. Ikut program ini Kirenius bisa merasakan hidup mandiri melakukan semuanya sendiri. Lingkunganya bagus, kotanya cocok untuk para pelajar dan sekolahnya juga mempunyai sistem yang bagus.

Sama halnya dengan Baby Pasya Nasution (SH3-APG) ikut program CCP tahun 2022.

“Menurut saya pelajaran yang didapat selama ikut program ini adalah kita harus lebih menghargai waktu dan menjadi mandiri. Pembelajarannya sangat seru karena dapat mengenal culture/budaya yang berbeda dari sebelumnya, berbaur dengan warga lokal dan mendapat kesempatan untuk melihat banyak tempat-tempat yang menarik,” katanya.

Siswa lainnya yang mendapat kesempatan ikut program CCP adalah Jessica Chelsea dan Fernanda Aletha (SH3 SJ) yang ikut program CCP tahun 2022.

“Ikut program ini, saya belajar bagaimana harus bersosialisasi, memutuskan segala sesuatu hal sendiri dan mengatur waktu lebih baik,” papar Jessica.

Bagi Fernanda, iut program ini ia bisa bersosialisasi dan menghargai mereka yang berbeda agama, suku, ras, dan strata sosial.

“Belajar di tempat baru yang berbeda budaya dengan kita dan jauh dari keluarga, membuat saya belajar disiplin dan mengerti kerasnya pendidikan. Tempatnya sangat mendukung untuk belajar dengan segala fasilitas dan aturan yang ketat. Praktik selalu ada dan sangat penting disana, lebih banyak praktik dibanding teori, terutama presentasi yang harus disiapkan secara teratur,” kata Fernanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *