Pandemi Covid 19, Mentan Pastikan Distribusi Pangan Lancar

0
404

PRIMENEWS-Jakarta : Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan mengecek ketersediaan bawang bombai ke gudang salah satu importir untuk memastikan stok cukup. Dia juga memastikan dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid- 19 ini, seluruh distribusi pangan lancar untuk mengisi kebutuhan pasar.

“Kita pastikan hari ini, bahwa 11 komoditi pangan dasar siap dan terkendali sehingga kebutuhan terpenuhi. Tiga kebutuhan yang memiliki masalah dari ke 11 itu yaitu gula, bawang putih, serta bawang bombai sudah aman saat ini,” ujar dia pada keterangan tertulisnya, Jumat (3/04/20).

Dia menjelaskan selain mengamankan stok, bersama dengan pemerintah daerah, para distributor serta satgas pangan Polri akan terus pantau jalur distribusi pangan sehingga ketersediaan pangan lancar dan tidak ada yang kekurangan.

“Saya sudah minta kepada Gubernur, Bupati serta Polri dalam masa karantina wilayah tetap mengedepankan jalur transportasi distribusi bahan pokok kebutuhan masyarakat,” ungkap dia.

Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya harga bahan pokok sempat mengalami kenaikan dikarenakan adanya panic buying dari masyarakat, panic trader dari pedagang dikarenakan terjadi lockdown di sejumlah negara dan daerah yang membuat terjadi perlambatan dalam penyetokan barang.

“Saya berharap bawang bombai ini segera akan kita distribusikan langsung ke retail-retail yang ada, dan ini tentu kerja yang ada terkait dengan pemerintah yang ada di provinsi untuk mengatur sampai tingkat kabupaten,” jelasnya.

Menurut dia, dalam menghadapi situasi saat ini masyarakat harus tetap tenang dan jangan ada yang membuat isu yang mengkhawatirkan masyarakat.

“Sehingga pemerintah bisa bekerja dengan fokus dalam menyediakan kebutuhan bangsa,” tandas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here