Juli 14, 2024

PRIMENEWS | SEI RAMPAH – Saat gema takbir berkumandang, masyarakat dari berbagai daerah berbondong-bondong menuju masjid, musala, dan lapangan terbuka untuk melaksanakan salat Iduladha pada 10 Zulhijah 1445 Hijriah.

Kemeriahan perayaan ini terlihat jelas di Komplek Masjid Agung Serdang Bedagai (Sergai), yang dipadati ratusan masyarakat dari berbagai daerah untuk melaksanakan salat Iduladha. Sei Rampah, 17 Juni 2024.

Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Wakil Bupati H Adlin Tambunan, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan, Pj Sekda Rusmiani Purba, para asisten, staf ahli bupati, kepala OPD, camat, ASN, dan masyarakat dari seluruh Kabupaten Sergai hadir dalam pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Agung Sergai.

Dalam khutbah Iduladha yang disampaikan oleh Ustadz Sulaiman, umat diingatkan kembali akan kisah Nabi Ibrahim AS yang mendapatkan ujian berat dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail AS.

Ustadz Sulaiman menjelaskan bahwa Iduladha memiliki makna mendalam yang tercermin dalam tiga hari penting: hari Tarwiyah (berpikir) pada 8 Zulhijah, hari Arafah (menentukan) pada malam 9 Zulhijah, dan hari Nahar (penyembelihan) pada 10 Zulhijah.

“Pada tanggal 10 Zulhijah terdapat empat sebutan, yaitu Hari Raya Haji, Hari Raya Kurban, Hari Raya Nahar, dan Hari Raya Iduladha,” ujar Ustadz Sulaiman.

Ia menekankan bahwa penyembelihan kurban tidak hanya sebagai ritual vertikal kepada Allah SWT tetapi juga sebagai ritual horizontal dengan sesama manusia, mencerminkan nilai kebersamaan dan kejujuran.

Setelah salat Iduladha, acara dilanjutkan dengan silaturahmi dan sarapan bersama di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan rasa syukurnya karena masih dapat merayakan Iduladha bersama keluarga dan masyarakat.

“Alhamdulillah, kita masih diberi nikmat sehat dan umur panjang sehingga dapat merayakan Iduladha serta berkurban bersama masyarakat Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ujarnya.

Bupati Darma Wijaya menginformasikan bahwa tahun ini Pemkab Sergai telah menyerahkan 105 ekor lembu sebagai hewan kurban yang berasal dari kurban para ASN, yang didistribusikan ke berbagai wilayah di Kabupaten Sergai.

“Kemarin, Pak Wakil juga telah menyerahkan beberapa ekor lembu di beberapa tempat untuk disembelih hari ini.

Semoga dalam momen Iduladha ini, kita dapat memperkuat rasa kebersamaan, solidaritas, dan gotong royong di tengah masyarakat, lebih peduli terhadap sesama, dan memperkuat rasa persatuan kita,” tutupnya.

Perayaan Iduladha di Sergai tidak hanya menjadi momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkuat solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, menciptakan kebersamaan, dan mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat.(Budiono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *